BMG Beri Penjelasan Terkait Gempa Bekasi

Posted on
loading...

Bogor (Akulagi.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan keterangan terkait “gempa Bekasi” yg membikin heboh warga Jabodetabek yg terjadi Jumat siang tadi.

BMKG mencatat memang terjadi aktivitas gempa bumi tektonik dengan episenter di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan analisa, gempa bumi terjadi pada pukul 12.31 WIB dengan kekuatan magnitude 4,8 skala rihter dengan episenter gempa terletak pada koordinat 6.13 Lintang Selatan dan 107,08 Bujur Timur dengan kedalaman hiposenter 246 KM.

“Jika kami perhatikan di peta, tampak bahwa episenter gempa ini terletak di darat, tepatnya pada jarak 10 kilometer arah timur laut Kota Bekasi,” kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam ilmu gempa bumi, episenter yaitu titik pusat gempa di permukaan bumi, sementara itu jauh di bawah episenter terdapat hiposenter tempat terjadinya patahan batuan yg menjadi sumber gempa.

Dengan kedalaman hiposenter 246 KM, lanjutnya, maka gempa bumi ini yaitu gempa di kedalaman menengah yg episenternya jauh di bawah permukaan bumi. Apalgi kekuatan cuma 4,5 SR maka gempa termasuk klasifikasi gempa ringan (light eartquake) yg tak berdampak di permukaan.

“Gempa seperti ini tak membahayakan,” katanya.

Ia menjelaskan, gempa tersebut terjadi akibat aktivitas penunjang Lempeng Indo-Australia ke bawah Pulau Jawa. Di bawah Pulau Jawa, seluruhnya yaitu zona sumber gempa lajur tunjaman lempeng kedalaman menengah.

Dari arah selatan, Lempeng Indo-Australia akan menunjam di Samudra Hindia, lajur tunjaman ini semakin ke utara semakin ke dalam. Tepat di bawah Bekas lajur tunjaman berada di kedalaman sekitar 240 KM.

“Di kedalaman inilah gempa Bekasi terjadi siang tadi. Aktivitas gempa kedalam menengah sebenarnya yaitu hal yg wajar dan yaitu fenomena alam biasa, sehingga tak ada yg perlu dikhawatirkan,” katanya.

Daryono menambahkan, hasil monitoring BMKG hingga malam ini tak terjadi gempa bumi susulan.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang BMG beri penjelasan terkait gempa Bekasi Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

video pns mesum warga lahat,rahasia gempa menurut tajul muluk,ular piton gondes,
Loading...
loading...