Menumbuhkan Percaya Diri Si Kecil Dengan Lakukan Pep Talk

Posted on
loading...

Jakarta, Pep talk atau kata-kata penyemangat biasa diucapkan di tengah pertandingan olahraga bagi membakar semangat. Nah, dua orang tua menjadikan pep talk sebagai upaya menumbuhkan rasa yakin diri si kecil.

Misalnya saja yg dikerjakan oleh Ron Alston, seorang personal trainer, kepada putrinya yg masih berusia tiga tahun, Allya. Dalam sebuah video yg beredar luas di internet, tampak Ron memberikan pep talk bagi anaknya.

Ron dan anaknya kelihatan sedang berdiri di depan cermin. Lalu Ron mengatakan sejumlah kalimat bernada positif, dia pun meminta putrinya buat menirukan ucapannya itu.

“Saya kuat. Saya pintar. Saya pekerja keras. Saya cantik,” demikian potongan pep talk yg dilafalkan ayah dan anak itu. Sang anak mengikuti ucapan ayah nya sambil tersenyum.

Baca juga: Hilangkan Kemewahan Bakal Bikin Anak Lebih ‘Tahan Banting’?

Kepada Today’s Parent, Ron menyampaikan pep talk yaitu kebiasaan yg dijalaninya sejak kecil. “Ayah aku melakukan hal ini dengan aku di depan cermin. Saya percaya ini menolong aku bagi lebih yakin diri dan positif,” kata Ron.

Terkait pep talk buat menumbuhkan rasa yakin diri anak, kata psikolog Ajeng Raviando, dua waktu yg lalu, dapat saja dilakukan. Karena dalam pep talk ada ucapan buat membentuk konsep diri yg dapat mendongkrak yakin diri.

“Tapi kalau buat rasa yakin diri anak, aku kira memang ada banyak hal ya. Dukungan atas perilaku positif anak juga dapat membuatnya yakin diri. Ketika anak bicara dengan sopan santun di hadapan orang yang lain sering dianggap biasa, padahal ini hal yg baik, dan tak ada salahnya kami beri pujian,” papar Ajeng.

Tapi dalam memberi pujian pada anak juga jangan berlebihan. Sebab hal itu mampu membuat anak jadi tak paham dengan pujian yg didapat. Apalagi seandainya pujian pada anak diberikan tanpa sebab akibat yg jelas.

Baca juga: Efek Negatif Helicopter Parenting: Anak Tak Pede Hingga Tak Mandiri(vit/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Menumbuhkan Percaya Diri si Kecil dengan Lakukan Pep Talk Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...