Kulit Menguning Dan Lemah Saat Hamil Bisa Jadi Karena AFLP, Apa Itu?

Posted on
loading...

Jakarta, Saat hamil, tubuh tampak menguning dan lemah tanpa riwayat demam serta gejala sakit lainnya? Coba periksakan diri ke dokter kandungan, dapat jadi ini adalah AFLP alias Acute Fatty Liver of Pregnancy.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Pendidikan Universitas Airlangga, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG atau dr Erza, AFLP adalah salah sesuatu penyebab jaundice atau gejala penyakit kuning dalam kehamilan.

“Beberapa referensi menyampaikan keadaan ini sebagai perlemakan pada hati,” tutur dr Erza kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Kenali Plasenta Akreta: Saat Plasenta ‘Menempel’ Abnormal di Dinding Rahim

Sebagian besar perkara AFLP ditemukan pada akhir trimester kedua sampai dengan awal trimester ketiga. Namun demikian, bukan berarti kehamilan yg telah tidak berada dalam rentang tersebut dapat dikatakan aman. Sebab, dua perkara ada juga yg terjadi pada usia kehamilan lanjut yakni di akhir trimester ketiga.

Gejala khas dari AFLP yg mampu dirasakan oleh ibu di antaranya tiba-tiba ibu mengalami kuning, lemah, letih, lesu tanpa ada riwayat panas atau gejala sakit lainnya.

“Pada dua masalah yg berat, ibu hamil bisa mengalami penurunan kesadaran dan bahkan meninggal dunia. AFLP yaitu ‘jaundice in pregnancy’ yg memerlukan perhatian khusus karena banyak menyebabkan kematian ibu dan janin,” imbuh dr Erza.

Oleh sebab itu, dianjurkan seandainya ibu mengalami kuning dan lemas, sebaiknya tidak menunda buat memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dengan begitu, pemeriksaan dapat langsung dikerjakan dan seandainya memang benar ada AFLP, pengobatan pun dapat diberikan lebih tepat.

Baca juga: Dianggap Berbahaya, Sampai Saat Ini Penyebab Plasenta Akreta Masih Misteri

(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Kulit Menguning dan Lemah Saat Hamil Bisa Jadi karena AFLP, Apa Itu? Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

Oke Google carikan sinyal buat saya,
Loading...
loading...