Ini Cara Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget

Posted on
loading...

Jakarta, Di era yg serba gadget seperti sekarang ini, kecanduan gadget menjadi hal yg menghantui anak. Agar anak tidak kecanduan gadget, ada cara-cara yg dapat dikerjakan orang tua. Tapi ingat, orang tua juga perlu ‘sadar diri’ dalam melakukannya.

Sebab, pada dasarnya anak mulai mencontoh apa yg dikerjakan orang tua. Nah, psikolog anak dan keluarga Astrid Wulansari MPsi, Psikolog menuturkan ada cara sederhana di rumah yg mampu dikerjakan bagi mencegah anak kecanduan gadget.

“Coba no gadget di waktu makan. Di manapun, ketika ini udah banyak keluarga ketika makan di restoran atau di kaki lima, main gadget dan nggak nikmati makanannya,” kata Astrid di sela-sela talkshow ‘Anak Kecanduan Gadget Sudahkah Orang Tua Berkaca’ bersama Jagadiri di Midtown, SCBD, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Kemudian, terapkan aturan no gadget 1 jam sebelum tidur. Cara ini, kata Astrid, dapat menolong anak meregulasi diri sebelum tidur. Khusus buat orang tua, jangan lupa matikan notifikasi suara. Hal yang lain yg utama dikerjakan adalah beri pendampingan ketika anak menggunakan gadget dan menurut Astrid, hal ini memang tidak gampang dilakukan.

Baca juga: Catat, Ini Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

Komunikasi dengan anak juga utama dilakukan. Ketika anak bermain gadget, beri batasan waktu dan ketika waktu mulai habis, beri peringatan pada anak supaya anak tidak kaget ketika gadgetnya diambil. Lalu, jangan lupa beri kegiatan yang lain berupa eksplorasi.

“Misalnya eksplorasi minat atau lingkungan di sekitar. Terutama untuk balita utama untuk mereka menyentuh benda dan teksturnya langsung. Anak juga nggak perlu space cukup besar kok buat eksplorasi. Atau, ajak anak lakukan kegiatan bersama yg sifatnya interaktif, seperti jalan-jalan ke taman, memasak bersama,” kata Astrid.

Anak rewel ketika gadgetnya diambil memang wajar. Saat itulah orang tua perlu melatih anak meregulasi emosinya. Caranya, ajak anak berbagi perasaannya ketika gadgetnya ditarik. Misalnya ia sedih atau marah, kemudian katakan tidak apa-apa dahulu peluk serta tenangkan dia.

“Ibu dan ayah mampu bilang ‘maaf ya gadgetnya mama atau papa ambil. Kamu sedih ya, kesal ya, tetapi waktunya udah habis. Besok kalian mampu main lagi’. Ini dapat melatih anak mengontrol dirinya karena kan dia belajar menunggu ya. Lalu ingat, dalam membuat kesepakatan dengan anak, orang tua mesti konsisten dan tegas,” pungkas Astrid.

Baca juga: 4 Langkah Cegah Anak Kecanduan Gadget: Bikin Kontrak Hingga Ajak Playdate(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ini Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara main unipad launched dari awal,real drum mod noah,cara memainkan unipack,ganti bahasa video beemovie,cara mnggunakan hbp,cara menggunaan unipad,cara mengunakan connect2,http://akulagi com/Berita-cara-hack-cashtree-menggunakan-lucky-patcher,Cara memasak menggunakan first choise rice cooker,cara pakai rice cooker first choice,
Loading...
loading...