Perupa Cak Poeng Gelar Pameran Di Usia 75

Posted on
loading...

Surabaya (Akulagi.com) – Perupa Poerono Sambowo (Cak Poeng) menggelar pameran tunggal dengan menampilkan sedikitnya 28 karyanya baik sketsa maupun drawing, dengan media tinta dan pensil di atas kertas, di Galeri Dewan Kesenian Surabaya, 22 – 27 November.

“Ini pameran tunggal pertama aku dalam sejarah perjalanan aku sebagai perupa saat menginjak usia 75 tahun,” kata Poerono Sambowo, di lokasi pameran, Rabu.

Ia mengaku butuh waktu selama 49 tahun buat menguatkan mental menggelar pameran tunggal sejak lulus dari Aksera.

Mayoritas karya yg dipamerkan dibuatnya selama tahun 2016. Dari karyanya cuma ada empat karya yg dibuatnya di luar tahun 2016, merupakan karya drawing berjudul Sahabat 1 (2013), konfrontasi (2012), serta karya sketsa berjudul Oom Boen (2014), dan Dia (2014).

Satu karyanya berjudul sepatu banyak menarik perhatian pengunjung pameran. “Banyak yg bilang sketsanya liar sekali dan keliaran sketsanya tak terkungkung oleh objeknya,” ucapnya.

Ia mengaku memiliki kenangan mendalam dengan sepatu yg menjadi objek lukisan sketsanya ini, sebab sepatu yg dilukis sepatunya sendiri hasil pemberian menantunya.

“Sudah ganti sol sebanyak tiga kali dan ternyata masih saja enak dipakai. Ini sepatunya masih aku pakai,” tuturnya.

Lukisan objek drawing dan sketsa lainnya menggambarkan kebiasaan orang-orang kampung di sekitar tempat tinggal rumah kontrakannya di kawasan Tegalsari.

Seperti adu burung dara dan orang-orang yg menghabiskan waktu berlama-lama di warung. “Ya objeknya dari masyarakat di sekitar kehidupan aku di Surabaya,” ucapnya.

Lahir di Balikpapan, 27 Februari 1941, Cak Poeng, begitu sapaan akrabnya, mengawali melukis sejak usia SD.

“Waktu SD, aku telah kadang menggambar karakter komik,” ucapnya.

Alumnus SMAN 3 Surabaya ini sempat mengenyam bangku kuliah di Fakultas Ekonomi Unair di awal tahun 1960-an.

Di menetapkan drop out di tahun 1966, buat memilih masuk Akademi Seni Rupa Surabaya demi mengembangkan bakat melukisnya.

“Sebab (Fakultas) Ekonomi Unair gak mulai memberi pekerjaan yg layak untuk saya,” begitu Cak Poeng beralasan. Memang, sejak itu Cak Poeng tak pernah melakoni pekerjaan yang lain selain melukis dan berseni rupa.

Ia turut andil sebagai salah sesuatu seniman dalam pembuatan Monumen Gubernur Suryo di tahun 1997 dan terlibat dalam Tim Perencana dan Perancang Proyek Pembangunan dan Pembenahan Areal Tugu Pahlawan Surabaya bersama ITS di tahun 1991 – 1993.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Perupa Cak Poeng gelar pameran di usia 75 Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

nhentot smpml wanita kesakitan,caknun munafik,
Loading...
loading...