Vaksin DBD Akan Segera Dijual Di Guatemala

Posted on
loading...

Guatemala City (Akulagi.com) – Vaksin pertama bagi demam berdarah dengue (DBD), penyakit yg disebabkan oleh virus dari nyamuk dan mampu menyebabkan kematian, mulai akan dijual di Guatemala dalam kurun waktu dua minggu ke depan, menurut informasi produsen obat Prancis Sanofi Pasteur, Selasa (22/11).

Para petinggi perusahaan mempublikasikan vaksin Dengvaxia dalam konferensi pers di ibu kota Guatemala dan menyampaikan vaksin tersebut diperuntukkan buat warga berusia sembilan hingga 45 tahun di kawasan endemik DBD.

Vaksin tiga dosis tersebut, yg dikembangkan selama 20 tahun, akan tersedia secara komersial pada akhir tahun dahulu setelah dinyatakan efektif mencegah empat macam DBD.

Sejauh ini, Dengvaxia telah memperoleh izin bagi dijual di Filipina, Brasil, Meksiko dan El Salvador.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perkara DBD melonjak tajam sejak pertengahan 1990-an dan mencapai 3,2 juta perkara tahun lalu. Pada 2013, terdapat 9.000 korban jiwa, sebagian besar di negara-negara miskin.

Berdasarkan data perkara yg tercatat dan penyebaran penyakit tersebut, WHO mengestimasi jumlah orang yg terinfeksi mencapai 100 juta, dengan seperempat di antaranya membutuhkan perawatan.

Asia, yaitu wilayah yg paling banyak dengan masalah DBD, diikuti Amerika Latin dan Afrika.

Guatemala sudah mencatat 114.000 perkara demam berdarah sejak 2005, dan 132 kematian menurut WHO, seperti dilaporkan AFP. (ab/)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Vaksin DBD akan segera dijual di Guatemala Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...