PM Belanda-Menlu Indonesia Puji Hubungan Kedua Negara

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saling memuji hubungan diplomatik dan komunikasi kedua negara yg dinilai sangat baik meskipun pun dua kali sempat mengalami ketegangan.

“Saya sangat lega dapat berada di sini, diharapkan rapat kalian juga dapat menggabungkan program dan ide-ide baru dalam hubungan kedua negara,” ujar PM Mark Rutte ketika ditemui dalam acara rapat alumni pelajar Indonesia-Belanda di Jakarta, Selasa malam.

Sementara itu, Menlu Retno menilai hubungan Indonesia dan Belanda sangat menarik dalam hal komunikasi diplomatik, selain keduanya juga menjadi rekanan yg utama dalam urusan perdagangan.

Ia menceritakan, dirinya sangat bangga pernah menjadi Duta Besar Indonesia bagi Belanda sebelum menjabat sebagai Menteri Luar Negeri RI.

“Yang menarik, meski dalam situasi sulit kedua negara tetap menjaga komunikasi dengan baik, yg mana hal itu menjadi cara bagi menjaga hubungan kedua negara. Menjaga komunikasi yg baik adalah kunci dalam diplomasi,” tutur diplomat yg juga pernah menempuh pendidikan di The Hague University, Belanda itu.

Kunjungan PM Mark Rutte tersebut rencananya mulai selesai pada 24 November itu juga diikuti oleh tiga menteri, termasuk menteri perdagangan dan kerja sama pembangunan, menteri yg bertanggung jawab di bidang infrastruktur, serta diikuti oleh sekitar 200 pengusaha.

Sebelum menghadiri agenda malam ini, PM Mark Rutte melakukan kunjungan ke kota Semarang, Jawa Tengah, dengan salah sesuatu agendanya melakukan penandatanganan LOI (letter of intent) bagi kelanjutan Polder Banger guna penanggulangan rob dan banjir.

Penandatanganan LOI dikerjakan Dutcht Water Authority Hans Ooster dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, bersamaan dengan kunjungan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte di Semarang.

Rutte bersama rombongan datang di Polder Banger buat melihat efektivitas proyek tersebut dalam menanggulangi rob dan banjir, diikuti penandatanganan kelanjutan kerja sama bagi Polder Banger.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan LOI, Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Kerajaan Belanda Melanie Schultz van Heagen dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang PM Belanda-Menlu Indonesia puji hubungan kedua negara Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...