Flu Burung H5N6 Jadi Isu Di Korsel

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Korea Selatan memutuskan status waspada flu burung pada Rabu, setelah teridentifikasinya beberapa wabah H5N6 terbaru, di mana sesuatu di antaranya terdeteksi pekan lalu.
Wabah flu burung terbaru ditemukan di beberapa peternakan unggas di wilayah tengah dan barat daya negara tersebut.
Menurut laporan Departemen Pertanian Pangan dan Urusan Pedesaan setempat, sebanyak 30.500 ekor bebek di peternakan tersebut sudah dimusnahkan.
Satu perkara lainnya dikonfirmasi pada Selasa dan beberapa sebelumnya pada Rabu, kata laporan tersebut.
Sejak perkara pertama virus flu burung H5N6 dilaporkan di kawasan yg sama Jumat lalu, total empat perkara sudah ditemukan. Sementara tiga peternakan unggas lainnya sedang diuji.
Kementerian pertanian meningkatkan peringatan flu burung dari hati-hati menjadi waspada, karena terjadi peningkatan jumlah peternakan yg terinfeksi virus tersebut dalam waktu singkat.
Lebih dari 510.000 burung sudah disembelih buat mencegah penyebaran virus, di mana angka tersebut kurang dari 1 persen dari total populasi unggas di negara itu yg mencapai 84.700.000.
Kasus infeksi virus H5N6 terhadap manusia sebelumnya dilaporkan terjadi di China dan Hong Kong. Virus tersebut sudah menewaskan 10 orang di China sejak April 2014.
Kementerian Pertanian melarang adanya peternakan unggas buat radius 10 kilometer dari tempat ditemukannya virus.
Pihak Kementerian juga mempertimbangkan penghentian permintaan sementara secara nasional buat mencegah penyebaran virus.
Wabah flu burung pernah terjadi di negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia tersebut pada 2014.
Wabah berlangsung selama lebih dari 660 hari dan menewaskan sedikitnya 13 juta burung, demikian diberitakan Reuters.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Flu burung H5N6 jadi isu di Korsel Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...