Sekeping Koin Ketahuan Tersangkut Di Kerongkongan Bocah Ini Setelah 37 Hari

Posted on
loading...

California, Samantha Knox kebingungan karena putranya yg biasanya ceria itu mendadak jadi pemurung. Tanpa sebab yg jelas, tiba-tiba saja tubuhnya juga mengalami demam tinggi, merupakan mencapai 39 derajat Celcius dan muncul ruam di perutnya.

Gejala-gejala tidak biasa pada diri EJ ini muncul pada Juni lalu. Karena khawatir, ia pun membawa EJ ke rumah sakit terdekat, namun ia cuma didiagnosis dengan infeksi akibat virus.

Hanya saja bukannya sembuh, keadaan EJ justru tidak kunjung membaik. Demamnya semakin tinggi dan ruam di tubuhnya juga semakin banyak. Melihat hal ini, wanita yang berasal Long Beach ini pun meminta agar dikerjakan pemeriksaan lebih lanjut.

Ia mengaku bolak-balik ke rumah sakit yg sama sampai lima kali tapi terus mendapat respons yg sama, merupakan penolakan. Mereka bahkan sempat mempertanyakan apakah Samantha sanggup membayar biaya pengobatan.

Dengan sisa-sisa harapan yg ada, sebulan kemudian Samantha membawa putranya ke Long Beach Memorial Medical Center. Dari hasil pemindaian dengan sinar X terungkap ada sebuah koin yg tersangkut di kerongkongan EJ dan mengganggu pernapasannya.

Bocah berusia 8 bulan itu segera dirujuk ke Miller Children’s Hospital Long Beach bagi dioperasi. Total butuh waktu hingga 37 hari sampai akhirnya tim dokter menemukan penyebab sakit EJ.

“Begitu mereka mengabari hal itu, aku segera menangis karena aku tidak kuasa melihat penderitaan EJ selama itu,” kata Samantha.

Untungnya tak terjadi komplikasi akibat logam itu mengendap begitu lama di dalam tubuh si kecil. Namun dari keadaan koin yg telah berkarat, tim dokter sepakat seandainya koin itu telah berada dalam tubuh EJ lebih dari tiga pekan.

Baca juga: Barang-barang yg Sering Tertelan Oleh Anak

“Tetapi andaikan saja dokter-dokter sebelumnya melakukan tindakan X-ray pada EJ. Mungkin persoalan ini mulai terselesaikan sejak dulu,” tuturnya.

Butuh waktu empat bulan buat EJ akhirnya benar-benar pulih. Beberapa waktu dulu Samantha juga menggelar petisi agar rumah sakit yg mengabaikan gejala EJ bertanggung jawab terhadap tindakan mereka. Bahkan petisi itu sudah mendapatkan dukungan dari 85.000 orang lebih. Demikian dikutip dari KTLA, Selasa (22/11/2016).

Namun saat ditanya bagaimana putranya mampu menelan koin tersebut, Samantha mengaku tidak tahu-menahu.

Baca juga: BPOM: Selain Kontaminasi, Waspadai Juga Bahaya Fisik Makanan

Kasus ini seperti mengingatkan kembali bahaya memberikan benda-benda kecil pada anak, serta adanya gejala penyakit paru yg kemungkinan terjadi karena anak menghirup atau menelan objek tertentu. Hal ini dipublikasikan dalam jurnal Archives of Otolaryngology — Head & Neck Surgery.

Para peneliti mencatat munculnya perasaan tak menyenangkan atau rasa aneh dari baterai di mulut memungkinkan anak-anak buat meludah atau sebaliknya menelan benda tersebut sesegera mungkin. Komplikasi semacam ini memang lebih tidak jarang terjadi pada anak-anak, karena mereka belum memahami apa yg mampu ditelan dan apa yg tidak.

Dalam penelitian ini juga terungkap, seandainya seseorang menelan benda yg sangat kecil maka sebenarnya jarang terjadi komplikasi karena mulai masuk ke saluran pencernaan dan keluar dari tubuh. Namun kemungkinan karena saluran kerongkongan pasien juga masih terlalu kecil, sehingga koin berukuran kecil itu pun masih mampu tersangkut.(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Sekeping Koin Ketahuan Tersangkut di Kerongkongan Bocah Ini Setelah 37 Hari Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...