Ibu Baru Wajib Tahu! Ini Pentingnya Cek Pendengaran Pada Bayi Baru Lahir

Posted on
loading...

Jakarta, Saat bayi baru lahir, hal umum yg biasanya mulai diperiksa adalah berat badan dan panjang badan. Nah, selain itu, ada lagi hal yang lain yg juga perlu dilakukan, salah satunya skrining pendengaran.

Mengapa pemeriksaan ini utama dilakukan? Dengan tes ini, seandainya memang terdapat persoalan pada sistem pendengaran bayi maka bisa diidentifikasi lebih dini.

Salah sesuatu skrining yg biasanya dikerjakan adalah OAE atau otoacoustic emmision. Tes ini dikerjakan bagi menilai fungsi rumah siput sebagai alat sensor terhadap bunyi yg masuk ke telinga dalam. Hasil ‘pass’ memamerkan fungsi rumah siput baik, yg berarti gelombang suara mampu diubah menjadi gelombang listrik di rumah siput.

Baca juga: Metode Kanguru, ‘Penghangat’ Alami Ala Inkubator buat Bayi Prematur

Selain itu, ada pula skrining AABR atau automated auditory brainstem responses. Menurut dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-KL dari Departemen Telinga Hidung Tenggorokan – Bedah Kepala Leher RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, AABR yaitu suatu pemeriksaan buat menilai fungsi pendengaran.

Tes ini dikerjakan pada bayi baru lahir usia beberapa hari. Bila pada pemeriksaan ini tak terdapat respons, maka mulai dikerjakan pemeriksaan diagnostik lanjutan bagi menilai fungsi pendengaran secara lengkap.

“Ada juga BERA screening, ini bagi melihat fungsi saraf pendengaran yg keluar dari rumah siput sampai ke batang otak. Hasilnya ada pass atau refer. Pass berarti baik atau lulus, kalau refer berarti perlu dikerjakan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya usia 2 hari hasilnya refer, nanti usia 3 bulan cek lagi, hasilnya refer ya nanti usia 6 bulan cek lagi,” tutur dr Fikry kepada detikHealth.

Ketika anak berusia 6 bulan tetapi hasil pemeriksaan pendengarannya masih kurang baik, biasanya mulai dikerjakan pemeriksaan lebih spesifik dengan memakai alat diagnostik. Misalnya terdiagnosis memang ada gangguan pendengaran, maka mulai ada intervensi, salah satunya pemakaian alat bantu dengar.

“Jadi pemeriksaan pendengaran ini utama sekali. Gangguan pendengaran mampu berefek pada gangguan bicara nanti seiring pertumbuhan usia anak. Makin cepat ketahuan, makin cepat juga pengobatannya, ini nanti hasilnya mulai semakin baik,” imbuhnya.

Baca juga: Terbukti, Lewat Cinta Orang Tua Otak Bayi Berkembang Optimal

(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ibu Baru Wajib Tahu! Ini Pentingnya Cek Pendengaran Pada Bayi Baru Lahir Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

bokep aod,siapa cewe barunya gaga muhammad,asal usul kampung baru palembang,calon pns yg mesum di dapur,cersil onlaine november,foto memek nenek umur 82,memek nenek medan,pablo putera benua pkerjaan yang d geluti,video porn aki dan nenek,
Loading...
loading...