Tak Cuma Bikin Langsing, Diet Tinggi Serat Juga Cegah Penyakit

Posted on
loading...

Jakarta, Selain menolong menurunkan berat badan dan menjaganya tetap terkontrol, diet tinggi serat diungkapkan oleh pakar juga memiliki manfaat lain. Salah satunya menyehatkan usus dan mencegah terjadinya penyakit.

Ya, peneliti dari University of Michigan, Eric Martens, menyebutkan bahwa makan banyak serat tak cuma baik buat program diet dan kesehatan jantung, tetapi juga melindungi tubuh terhadap infeksi.

Asupan serat seperti brokoli atau roti gandum, disebutkan memiliki efek positif untuk sistem pertahanan usus dan mencegah masuknya bakteri seperti salah satunya E.coli. Sistem ini bahkan mampu dikatakan ‘bergantung’ pada asupan serat.

Baca juga: Suka Tambah Ekstra Garam Saat Makan? Hati-hati, Ini 5 Efeknya Bagi Tubuh

Ketika asupan serat Anda rendah, maka mikroba sistem pencernaan mulai ‘memakan’ lapisan pelindung tersebut. Oleh sebab itu, para peneliti menganjurkan Anda buat mencukupi kebutuhan serat sehari-hari guna mencegah terjadinya infeksi.

Dalam studi ini, tim peneliti melakukan studi terhadap dua ekor tikus. Ditemukan bahwa tikus yg tidak diberikan asupan serat lebih gampang terinfeksi E.coli, dibandingkan yg diberi serat.

“Studi ini memang baru dikerjakan pada tikus, masih dibutuhkan studi lain. Tapi keterangan ini utama mengingat konsumsi serat baik untuk tubuh. Apa yg Anda makan sangat memengaruhi kerja sistem pencernaan,” pesan Martens, seperti dikutip dari Science Daily.

Baca juga: Terungkap! Ini Cara Terbaik Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Tak Cuma Bikin Langsing, Diet Tinggi Serat Juga Cegah Penyakit Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...