Sulit Mencium Aroma Tertentu? Bisa Jadi Ini Sinyal Penyakit Alzheimer

Posted on
loading...

Jakarta, Saat ada aroma tertentu dan Anda menciumnya dari hidung, normalnya Anda mulai langsung mengenali sumber dari aroma tersebut. Jika Anda memiliki kesulitan dalam melakukan hal tersebut, mampu jadi itu adalah pertanda Alzheimer.

Dalam studi yg dikerjakan oleh Massachusetts General Hospital, peneliti menyebutkan bahwa indra penciuman seseorang bisa menolong memprediksi risiko penyakit Alzheimer.

Studi yg melibatkan 183 responden dikerjakan dengan pengujian dalam mengenali, mengingat dan membedakan aroma tertentu. Termasuk di antaranya aroma mint, cengkeh, stroberi, nanas, asap, sabun, anggur atau lemon. Para peserta studi kemudian diminta buat menyelesaikan tes lain, yakni mengenali aroma-aroma lainnya.

Baca juga: Kapan Pasien Demensia Tak Boleh Lagi Mengemudi?

Selain itu para peserta juga menjalani tes genetik, tes pencitraan dan tes memori. Disimpulkan bahwa mereka yg mengalami kesulitan dengan kemampuan indra penciuman, cenderung lebih berisiko terhadap Alzheimer.

“Ada semakin banyak bukti bahwa efek saraf dari penyakit Alzheimer dimulai setidaknya 10 tahun sebelum timbulnya gejala memori. Identifikasi individu yg sehat namun berisiko adalah langkah penting,” ungkap peneliti penting studi ini, Dr Mark Albers.

Ia menambahkan bahwa penyebab adanya hubungan ini diduga kuat karena sirkuit otak yg memproses penciuman bisa dipengaruhi oleh Alzheimer. Beberapa studi sebelumnya juga sudah memperlihatkan bahwa orang dengan Alzheimer umumnya memiliki penurunan kemampuan buat mengidentifikasi bau.

Studi ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Annals of Neurology.

Baca juga: Bagi Nenek-nenek, Minuman Ini Bisa Lindungi Otaknya dari Pikun(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Sulit Mencium Aroma Tertentu? Bisa Jadi Ini Sinyal Penyakit Alzheimer Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...