Jangan Lupakan Hal Ini Untuk Mengimbangi Konsumsi Makanan Bersantan

Posted on
loading...

Jakarta, Santan dapat menjadi sumber lemak untuk tubuh. Ketika dijadikan bahan mengolah makanan, masakan pedas bersantan pun jadi favorit dua orang. Namun, dalam mengonsumsinya ada dua hal yg baiknya diperhatikan.

Seperti penuturan Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), saat mengonsumsi makanan pedas bersantan, perhatikan jumlah konsumsi buah dan sayur.

Baca juga: Tersedia Banyak Jajanan, Terapkan ‘Aturan’ Ini Agar Tak Asup Kalori Berlebih

“Konsumsi buah dan sayurnya ditingkatkan. Misalnya ikan dabu-dabu dikombinasi dengan sayur daun pepaya sama pakis ditumis, itu seratnya tinggi daun pepaya dan pakis,” kata Prof Ahmad di sela-sela ‘Jelajah Gizi Bersama Sari Husada’ di Minahasa, Sulawesi Utara baru-baru ini.

Selain tinggi serat, fitokimia yg mampu menjadi antioksidan yg cukup tinggi pada daun pepaya dan pakis juga dapat menolong penyerapan kolesterol. Ditambahkan Prof Ahmad, daun pepaya mampu menurunkan tekanan darah karena mengandung alkaloid. Kemudian, kandungan kaliumnya pun tinggi. Antioksidan dalam daun pepaya juga tinggi.

Untuk buah dan sayur yg dikonsumsi sebagai penyeimbang makanan bersantan, menurut Prof Ahmad jenisnya tidak harus khusus, konsumsi saja buah dan sayur yg tersedia ketika itu.

“Ingat aturan konsumsi sayur dan buah minimal 5 porsi sehari, kalau dirasa makan makanan yg bersantan lebih banyak, tambahi lagi porsinya, nggak apa-apa,” kata Prof Ahmad.

Selain itu, mampu juga diterapkan aturan makan ‘piring makanku’. Dalam sesuatu piring, konsumsi karbohidrat seperempat porsi, protein seperempat porsi, dan sayur serta buah setengah porsi.

Baca juga: Perhatikan, Begini Pola Diet Tepat buat Anda yg Berkolesterol Tinggi

Terlalu banyak mengonsumsi lemak yg tak sehat sama bahayanya dengan kolesterol tinggi. Simak video Bincang Sehat berikut ini bagi tahu lebih banyak:
(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Jangan Lupakan Hal Ini untuk Mengimbangi Konsumsi Makanan Bersantan Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...