Tak Ada Standarnya, Pelumas Abal-abal Bebas Berkeliaran Masuk Indonesia

Posted on
loading...

Nusa Dua -Produsen pelumas berharap pemerintah langsung menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) buat pelumas. Saat ini di pasaran, pelumas abal-abal dan palsu telah dalam tahap mengkhawatirkan.

“Ini lubricants, belum ada barrier atau regulasi terkait SNI. Belum ada monitor kualitas lubricants buat pelaku pelumas di Indonesia. Jadi siapapun mampu masuk dengan mengklaim telah SL (persyaratan mutu oli-red), gak ada audit, cukup menyerahkan spek saja,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Gigih Wahyu Hari Irianto dalam wawancara di Nusa Dua, Bali.

Di Indonesia, produsen pelumas ada kecenderungan lebih mengutamakan persepsi masyarakat ketimbang kualitas pelumas itu sendiri. “Hari ini pakai oil base dari Amerika, besok dari Taiwan, itu ada kualitas yg tak konsisten,” ujarnya.

Di luar negeri, dalam pengalaman Pertamina, bagi memasarkan produk pelumas cukup sulit. Produsen tak dapat begitu saja memasarkan pelumas tanpa proses audit terlebih dulu.

“Coba kami masuk ke negara lain, sulit, harus diaudit, tak cuma mampu memproduksi tetapi dari mana bahan baku itu diproduksi ada gak pernyataan diaudit,” ujarnya.

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Tak Ada Standarnya, Pelumas Abal-abal Bebas Berkeliaran Masuk Indonesia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...