Politisi PAN Sebut Pemilu Serentak Belum Tentu Menghasilkan Koalisi Permanen

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (Bapilu PAN) Viva Yoga Mauladi menyampaikan pemilu serentak pada tahun 2019 mendatang belum tentu menghasilkan koalisi permanen seperti yg diidamkan.

Hal itu disampaikan Yoga dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016). “Meski pemilu berlangsung serentak, masih belum ada jaminan koalisi mulai permanen. Setelah pemilu mampu jadi mulai ada perubahan dinamika dan memunculkan koalisi baru,” tutur Yoga.

Menurut Yoga, yg terpenting dari pelaksanaan pemilu serentak ialah terbentuknya sistem presidensial yg kuat dan mendapat dukungan mayoritas di parlemen.

Karena itu, Yoga menyampaikan sebaiknya Dewan Perwakilan Rakyat dan Pemerintah lebih memfokuskan pembahasan pada tujuan penting penyelenggaraan pemilu serentak, yakni penguatan sistem pemerintahan presidensial.

Sehingga, kata Yoga, pembahasan tidak cuma terfokus pada sebagian isu seperti pembentukan koalisi permanen. “Karena bagaimanapun juga, politik itu kan bukan satu yg statis. Politik itu satu yg sangat dinamis,” kata Yoga.

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Politisi PAN Sebut Pemilu Serentak Belum Tentu Menghasilkan Koalisi Permanen Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...