Parpol Diminta Benahi Perekrutan Caleg

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Penerapan sistem proporsional tertutup dalam pemilu belum tentu memunculkan calon anggota legislatif berkualitas dan memahami ideologi partainya.

Hal ini menjadi salah sesuatu sorotan dalam proses perubahan undang-undang tentang pemilu.

Salah sesuatu poin krusial dalam rancangan undang-undang tersebut adalah perubahan sistem proporsional terbuka menjadi tertutup.

Partai politik (parpol) menilai perubahan tersebut menguntungkan karena parpol bisa menempatkan anggota legislatif yg memahami ideologi dan kepentingan partai.

Meski demikian, peneliti Perkumpulan buat Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Heroik Pratama menilai bahwa tak ada jaminan calon legislator mampu seturut dengan kepentingan parpol.

Seorang calon anggota legislatif mampu dipilih oleh parpol tak berdasarkan kualitas dan pemahaman ideologi partai, tapi berdasarkan kedekatan atau mahar politik.

“Jadi parpol tak dapat segera menyimpulkan dengan sistem tertutup mereka dapat memiliki anggota legislatif yg pasti berkualitas,” ujar Heroik di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016).

Begitu pula seandainya UU Pemilu tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka, di mana pemilik hak suara bisa memilih segera wakil rakyat yg diinginkannya.

Menurut Heroik, belum tentu sistem itu menghasilkan anggota legislatif dengan kualitas rendah karena pemilih tak mengetahui kualitas calon.

“Kalau partai merasa sistem proporsional terbuka nenghasilkan anggota legislatif yg kualitasnya rendah dan sulit dikontrol, ya yg salah tetap parpolnya. Kenapa dari awal parpol mengizinkan orang tersebut menjadi calon anggota legislatif,” ucap Heroik.

Hal serupa diutarakan oleh pengamat politik, Alfan Alfian. Ia berharap parpol langsung membenahi sistem perekrutan calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.

Menurut Alfian, parpol harus langsung merumuskan mekanisme perekrutan calon anggota parlemen secara transparan dan didasari oleh kemampuan dan integritas.

Alfan mengatakan, ada berbagai cara yg mampu dikerjakan parpol, yakni dengan melakukan konvensi terbuka bagi memilih calon anggota legislatif.

Bisa pula dengan memakai metode musyawarah-mufakat yg prosesnya dibuka kepada publik.

“Lebih-lebih kalau nantinya memakai sistem proporsional tertutup. Agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, parpol harus dapat meyakinkan publik dengan rekrutmen calon yg transparan dan berkualitas,” kata Alfian.

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Parpol Diminta Benahi Perekrutan Caleg Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

foto bugil anak sekolah pake bh,
Loading...
loading...