Mencari Ragi Bir Belgia Sempurna

Posted on
loading...

Leuven, Belgia (Akulagi.com) – Belgia terkenal memiliki ratusan bir berbeda tapi tak sebanding dengan ragi yg digunakan buat membuatnya, sekitar 30.000 disimpan di es di sebuah laboratorium, para ilmuwan berusaha menemukan bahan yg sempurna.
Tim dari University of Leuven dan institut VIB memeriksa dan mengawinkan silang bibit ragi, menambahkan teknik genetika modern buat menyempurnakan bahan bir yg berasal dari berabad-abad lalu.
“Kami memakai robot buat mengawinkan ragi, seperti peternak mengawinkan hewan mereka,” kata profesor genetik Kevin Verstrepen kepada Reuters.
“Kami sekarang melakukan hal yg sama dengan ragi dalam skala besar, membuat jutaan bibit atau varian baru dahulu coba mana yg terbaik.”
Dengan menganalisis dasar kimia dan genetik aroma dan rasa bir, para peneliti membiakkan bibit ragi yg mulai tidak mengurangi karakteristik bir.
Pekerjaan mereka ini dilirik oleh produsen komersial bagi mengubah resep mereka seperti mengurangi bau tertentu atau buat mempercepat proses ferementasi.
“Kami mengambil ragi mereka dulu coba menyimpan yg terbaik, dulu akan memperbaikinya,” kata Verstrepen.
Berbarengan dengan studi ragi, mereka juga mengerjakan database bir. Dalam rapat beberapa mingguan, Verstrepen dan mahasiswanya menyesap dan meludahkan bir dalam “tes rasa teknis” bagi mendeteksi kehalusan dan perbedaan rasa tiap minuman.
Setiap minuman, tak diberi label, ditaruh dalam gelas hitam dulu dianalisis.
Tujuan mereka adalah buat menganalisis 250 bir komersial Belgia, dulu membuat apa yg disebut Verstrepen “peta sains bir” buat menolong peminum memilih minuman.
Mereka merencanakan temuan mereka dalam buku dua bulan.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Mencari ragi bir Belgia sempurna Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara membuat ragi tape jerami sendiri,
Loading...
loading...