Korea Selatan Tolak Permintaan Google Soal Peta

Posted on
loading...

Seoul (Akulagi.com) – Korea Selatan hari ini menolak permintaan Google buat izin mengambil data pemetaan pemerintah buat dipakai di server-server di luar Korea Selatan karena berkenaan dengan persoalan keamanan dengan Korea Utara.

Google, anak perusahaan Alphabet Inc, menyatakan ingin memakai data di server-server semua dunia bagi layanan yg memberikan arahan jalan dan mengemudi di Korea Selatan.

Namun Korea Selatan yg perangnya melawan Korea Utara pada 1950-1953 berakhir tanpa kesepakatan damai, beralasan seandainya data itu dibiarkan keluar dari negeri itu, maka lokasi fasilitas-fasilitas militer dan situs-situs sensitif lainnya mulai terketahui.

Pemerintah Korea Selatan tak dapat memberikan izin kecuali Google menghapus citra situs-situs sensitif pada satelit pencitraan miliknya, kata seorang pejabat pada badan yg menangani pemetaaan data seperti dikutip Reuters.

Namun Google menolak syarat itu dengan menyatakan keterangan itu tersedia bebas melalui citra satelit yg dapat bebas dibeli.

Kementerian pertanahan Korea Selatan mengaku mulai mempertimbangkan kembali seandainya Google mengubah posisi-posisinya.

Pada kesempatan lain, Google tengah diselidiki di Korea Selatan di mana badan anti dumping Korea menyelidiki apakah kesepakatan yg dibuat Google dengan pabrik-pabrik handset sistem operasi mobile Android sudah membatasi kompetisi pasar, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Korea Selatan tolak permintaan Google soal peta Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...