Meski Di Tiongkok, Masyarakat Indonesia Berbagi Donorkan Darah

Posted on
loading...

Beijing (Akulagi.com) – Sejumlah masyarakat Indonesia di Beijing, Tiongkok, mendonorkan darahnya dalam kegiatan “Indonesia Berbagi” di aula Kedutaan Besar RI di Beijing, Sabtu pagi.

“Kegiatan ini telah digelar beberapa kali, dan diharapkan mampu dikerjakan rutin setiap tahun, buat memamerkan jiwa sosial masyarakat Indonesia buat masyarakat Tiongkok yg membutuhkan,” kata Duta Besar RI buat Tiongkok dan Mongolia Soegeng Rahardjo.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan atas kerja sama Kedutaan Besar RI Beijing, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok, dan Palang Merah Beijing.

Sebelum mendonorkan darahnya para calon pendonor diharuskan buat melakukan registrasi dengan mengisi formulir terkait riwayat medis, pemeriksaan berat badan, tekanan darah, macam darah dan sebagainya, hingga dipastikan yg bersangkutan mampu mendonorkan darahnya.

Usai mendonorkan darahnya masing-masing mendapatkan kartu donor darah yg diterbitkan otoritas kesehatan Beijing.

Dubes Soegeng menyampaikan kegiatan sosial tersebut makin memamerkan solidaritas masyarakat kedua bangsa. “Ini harus kalian kembangkan terus, agar hubungan negara, Indonesia dan Tiongkok semakin kokoh di masa datang,” katanya menambahkan.

Kegiatan donor darah oleh warga negara asing atau ekspatriat di Beijing sudah dikerjakan 500 kali sejak 1998. Kegiatan tersebut sangat menolong pemerintah Tiongkok memenuhi kebutuhan darah yg selalu meningkat.

Kegiatan donor darah masih yaitu hal yg “tabu” dikerjakan di Tiongkok, karena buat masyarakat Negeri Panda, darah cuma bisa diberikan kepada anggota keluarga terdekat, bukan kepada masyarakat umum .

Pada 2014 Kementerian Kesehatan Tiongkok mencatat 9,4 pendonor per seribu orang. Angka tersebut lebih rendah buat negara dengan penduduk berpenghasilan tinggi seperti Tiongkok.

Dicontohkan, pada 2010 kebutuhan darah secara nasional meningkat 18,6 persen dibandingkan 2009, namun jumlah donor cuma naik 7,7 persen.

“Hanya ada rata-rata 9,4 donor per seribu orang di Tiongkok daratan, sedangkan di Hong Kong dan Makau rara-rata 23 hingga 30 per seribu orang,” ungkap salah seorang sumber di Kementerian Kesehatan Tiongkok yg enggan disebutkan namanya.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Meski di Tiongkok, masyarakat Indonesia berbagi donorkan darah Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

trend selfi satu jari,
Loading...
loading...