Nyeri Di Bawah Jempol Kaki Setelah Operasi, Mengapa?

Posted on
loading...

Jakarta, Dok, aku ingin bertanya. Sudah 2 bulan aku selesai dioperasi karena terdapat benjolan di sekitar tempurung lutut. Sekitar 1 bulan selesai operasi, aku tak lagi merasakan sakit di bekas operasi tapi merasakan sakit saat kaki ditekuk seperti jongkok dan nyeri di telapak kaki bawah jempol.

Anehnya nyerinya cuma di bawah jempol, mengapa demikian? Saya masih membutuhkan istirahat yg cukup atau ada persoalan lain? Terimakasih Dok, mohon jawabannya.

Hisnul (Wanita, 15 tahun)

Jawaban

Halo Hisnul,

Mempertimbangkan deskripsi Hisnul, aku perkirakan rasa sakit saat jongkok disebabkan karena adanya jaringan parut atau perlengketan, yg lazim timbul akibat adanya luka operasi, dan diperberat dengan periode istirahat yg berkepanjangan, sehingga sendi terasa kurang lentur dan kaku, terutama bila digerakkan dalam posisi tertentu misalnya berjongkok.

Tentang nyeri di bawah jempol, sepertinya tak ada hubungan segera dengan operasi yg di daerah lutut. Namun demikian, cuma keterbatasan gerak pada suatu sendi bisa mempengaruhi sendi lainnya dan meningkatkan penakanan pada sendi-sendi yang lain tersebut, inilah kemungkinan yg menjadi penyebab nyeri pada ibu hari kaki Hisnul.

Dengan latihan peregangan yg optimal pada sendi-sendi di tungkai bawah (lutut, engkel, jari-jari kaki), keluhan mulai bisa berkurang. Demikian semoga jawaban aku memuaskan

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Nyeri di Bawah Jempol Kaki Setelah Operasi, Mengapa? Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

intip smp buka baju 3gp,
Loading...
loading...