Langkah Tepat Agar Anak Terhindari Dari Risiko Pneumonia

Posted on
loading...

Jakarta, Setiap orang tua tentu tidak ingin buah hatinya terinfeksi penyakit mematikan seperti pneumonia. Bagaimana cara tepat meminimalkan risiko penyakit ini?

Disampaikan oleh dokter spesialis anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, dr Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), ada dua cara yg mampu dikerjakan oleh orang tua buat meminimalkan risiko transmisi pneumonia.

Salah satunya adalah memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif paling tak selama enam bulan pertama kehidupan anak. Ini yaitu langkah dasar buat meningkatkan daya tahan tubuh anak, terutama anak berusia di bawah beberapa tahun.

Baca juga: Anak Tak Imunisasi dan Kurang Gizi, Waspada Risiko Pneumonia Meningkat

“Gizi buruk mulai membuat imunitas anak juga ikut turun. Gizi buruk menyebabkan imunitas menjadi turun sehingga anak tak milik proteksi lagi. ASI yg diisap anak itu lewat melalui tenggorokan dan perut. Nah itu dia melapisi tenggorokan sehingga kuman tak dapat menempel,” ujar dr Cissy.

ASI di pekan-pekan pertama kehidupan bayi juga mengandung antibodi yg sangat tinggi, sehingga sangat dianjurkan bagi dikonsumsi oleh bayi. Selain efektif mencegah pneumonia, hal ini juga menolong mengurangi waktu sakit seandainya anak terlanjur mengidap pneumonia.

Mengatasi faktor lingkungan seperti polusi udara dalam ruangan dan menjaga kebersihan udara di rumah juga mampu menjadi langkah efektif mencegah pneumonia. Sebab polusi dan sirkulasi udara yg buruk juga menjadi salah sesuatu faktor risiko penting penyebab pneumonia.

“Jangan lupa rajin cuci tangan anak pakai sabun dan lengkapi imunisasinya. Jauhi juga anak dari paparan polusi, terutama asap rokok. Bukan hanya asap rokoknya, tetapi juga kalau misalnya ayah merokok kan itu menempel di dalam baju atau kepalanya. Kalau setelah itu bayinya digendong, zat-zat yg menempel ini mampu masuk dan merusak keseimbangan imun anak,” pesan dr Cissy.

Baca juga: Anak Batuk Pilek Plus Napas Cepat? Waspadai Pneumonia

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Langkah Tepat Agar Anak Terhindari dari Risiko Pneumonia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

bokep siswi smp bilangnya lees di kmar,kata kata nyindir tentang video call,langkah membua skuisi,tubidy orang tua ngentot anak nya,
Loading...
loading...