Direktur Intelijen Nasional AS Mengundurkan Diri

Posted on
loading...

Washington (Akulagi.com) – Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) James Clapper pada Kamis (17/11) menyatakan bahwa dia telah menyerahkan surat pengunduran dirinya, mundur sementara presiden terpilih Donald Trump akan menyusun pemerintahan barunya.

Clapper, yg tugasnya mengkoordinasi pekerjaan 17 lembaga berbeda seperti Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA), menyampaikan mengundurkan diri “terasa cukup menyenangkan” setelah enam tahun berkutat dalam pekerjaan tersebut.

Dalam sidang Kongres dia menegaskan bahwa dia tak dapat bertahan dalam pekerjaan tersebut setelah Trump terpilih pada 20 Januari.

“Saya menyerahkan surat pengunduran aku semalam,” kata pensiunan marsekal madya angkatan udara berusia 75 tahun itu kepada House Permanent Select Committee on Intelligence.

“Saya milik sisa 64 hari dan aku pikir aku mulai mengalami masa sulit dengan istri aku setelahnya,” kata Clapper sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Membenarkan hal tersebut, Direktorat Intelijen Nasional (Directorate of National Intelligence/DNI) kemudian mencuit di Twitter bahwa “Seperti yg diwajibkan untuk semua pejabat pemerintah, Clapper dari DNI sudah  menandatangani surat pengunduran diri yg berlaku efektif pada siang 20 Januari 2017.”

Tugas Clapper sebagai kepala badan intelijen AS ternoda kebocoran dokumen dari NSA yg memperlihatkan bahwa lembaga itu mengumpulkan data komunikasi warga Amerika Serikat dalam jumlah besar.
 
Pada Maret 2013, ketika mengatakan kesaksian kepada Kongres, Clapper membantah lembaga tersebut mengambil data dari penyedia layanan telekomunikasi Amerika Serikat.

Beberapa bulan kemudian mantan kontraktor NSA Edward Snowden membocorkan dokumen yg memperlihatkan bahwa NSA memang mengumpulkan data semacam itu, menimbulkan tuduhan bahwa Clapper berbohong kepada Kongres mengenai persoalan itu dan menyerukan pengunduran dirinya.

Data itu juga memamerkan bagaimana Amerika Serikat memata-matai sekutunya, memicu ketegangan dengan mitra penting seperti Prancis dan Jerman.

Dalam wawancara tahun 2014 Snowden menyampaikan bantahan Clapper membuat dia membocorkan data-data sangat rahasia itu.

Clapper mengecam Snowden karena merusak kemampuan Amerika Serikat mengumpulkan keterangan intelijen dan karena memberikan rahasia Amerika Serikat kepada musuh.(mr) 

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Direktur Intelijen Nasional AS mengundurkan diri Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...