Kapolri: Keamanan Tak Stabil, Pembangunan Tak Bisa Berjalan

Posted on
loading...

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menekankan betapa pentingnya aspek keamanan di sebuah negara. Menurut Tito, pembangunan tidak mampu berjalan seandainya keamanan ada dalam kondisi tidak stabil.

Hal tersebut disampaikan Tito di depan para Chief Marketing Officer (CMO) yg tergabung dalam CMO Club Jakarta, di Gedung Bhayangkari, Jl Sanjaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/11/2016).

“Kewajiban pemerintah memberikan perlindungan rakyat. Kesejahteraan mampu dengan proses pembangunan, pembangunan tidak mampu berjalan seandainya terjadi instabilitas keamanan,” ujar Tito.

Tito menyebut, keamanan adalah hal yg harus dikelola dengan baik dan diinvestasikan. Pemerintah berkewajiban meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya lewat aspek keamanan.

“Kita tahu betapa mahalnya keamanan, keamanan perlu diinvestasi dan dikelola. Pembangunan negara dibuat salah satunya ada kontrak sosial antara pemerintah dan rakyat, pemerintah berkewajiban meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Tito.

Tito menuturkan, dapat saja kontrak sosial putus seandainya ada ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah.

“Rakyat berhak menuntut memenuhi kebutuhan dan mengikuti perintah pemerintah. Namun ketika pemerintah gagal, kontrak sosial mampu diputus. Kasus 98 terjadi people power, terjadi putus kontrak sosial saat masyarakat tak yakin pemerintah,” tuturnya.

Indonesia menurut Tito telah cukup stabil dari segi keamanan. Sesekali ada dinamika, namun masih dalam skala yg tidak begitu besar.

“Demikian utama aspek keamanan, aku melihat pada ketika ini relatif keamanan Indonesia cukup stabil. Tak seperti ketika peristiwa Ambon, Poso, bom bom awal tahun 2000. Ada dinamika dalam skala kecil, tetapi tak ada konflik besar,” jelas Tito.

Regional Asia Tenggara juga dinilai Tito cukup stabil dan menjadi salah sesuatu regional yg aman bagi berinvestasi. Hal ini disebabkan seluruh konflik yg terjadi antar negara di ASEAN masih mampu diselesaikan dengan cara diplomasi.

“Region Asia tenggara relatif stabil, karena tidak ada konflik perang. Mekanisme penyelesaian konflik dengan adanya Asean. Ada sengketa perbatasan Indonesia dengan Singapura, Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Filipina, Indonesia dengan Tim-tim, Laos dengan Thailand, tetapi tak satupun dengan perang terbuka, segala dengan diplomasi,” tandasnya.

Beberapa tokoh yg hadir dalam acara tersebut adalah chairman PT Datascript Joe Kamdani, pakar marketing Hermawan Kartajaya. Dari kepolisian pun juga tampak hadir mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin dan sejumlah jenderal bintang sesuatu hingga bintang tiga kepolisian.
(rna/rna)

$(document).ready(function(){ polong.create({ group: 106, appId : 3, target:’bx_polong’ }); });

Sumber: http://news.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Kapolri: Keamanan Tak Stabil, Pembangunan Tak Bisa Berjalan Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

hp kapolri tito karnavian,
Loading...
loading...