Waspada, Anak Korban Bullying Rentan Tumbuh Gemuk

Posted on
loading...

Jakarta, Ketika seorang anak menjadi korban bullying, si anak dikhawatirkan mengalami gangguan mental. Padahal studi terbaru mengungkap, fisik mereka pun terpengaruh oleh perlakuan negatif ini.

Peneliti mendasarkan kesimpulannya dari hasil pengamatan terhadap lebih dari 2.000 anak kembar yg lahir di Inggris dalam kurun 1994-1995, sejak lahir hingga menginjak umur 18 tahun.

Dari situ ditemukan bahwa anak yg menjadi korban pundung sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah berisiko 70 persen lebih tinggi buat kelebihan berat badan di usia 18 tahun.

Hal ini tak ditemukan pada anak yg tak mengalami pundung semasa kecil. Menariknya, keterkaitan ini tetap ada walaupun peneliti tak menemukan faktor yang lain seperti berasal dari keluarga miskin atau mengidap gangguan mental, bahkan yg milik riwayat obesitas turunan dari keluarganya.

Baca juga: Studi: Berat Badan Jadi Faktor Utama Terjadinya Bullying pada Anak

Secara garis besar, anak korban pundung juga memiliki waist-hip ratio, salah sesuatu ukuran obesitas lainnya.

“Kami tak mampu menyampaikan pundung itu memicu agar seseorang menjadi kelebihan berat badan, tapi setelah kalian mengesampingkan alternatif lainnya, faktor ini tetap relevan,” jelas ketua tim peneliti, Jesse Baldwin dari King’s College London seperti dilaporkan Medical Daily.

Memahami hal ini, Baldwin dan timnya berharap temuan mereka mampu jadi panduan buat melindungi anak korban pundung. “Setidaknya kami dapat mendukung mereka, sekaligus mencegah mereka mengalami kelebihan berat badan. Di antaranya dengan mengajak olahraga dan mendorong bagi makan makanan sehat,” paparnya.

Psikolog anak dari Universitas Tarumanegara, Naomi Soetikno menyebut orang tua memiliki peran utama dalam mendampingi anak yg di-bully karena gemuk. “Harus diyakinkan, bahwa ada orang tua yg menyayangi mereka,” kata Naomi seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Setelah itu, baru anak diajak menerima dirinya sendiri dan mengenali kelebihan maupun kekurangannya, seperti ketidakmampuan mengontrol nafsu makan atau gemuk membuat anak kurang aktif.

Harapannya mereka tertantang buat mencari cara mengatasi kondisinya. Baik dengan mengurangi porsi makan maupun meningkatkan aktivitas fisik.

Baca juga: Anak Anda Bisa Jadi Korban Bullying Kalau Gejalanya Seperti Ini

(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Waspada, Anak Korban Bullying Rentan Tumbuh Gemuk Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

bokep gemuk,yang di sebut email smule secara contoh,banci di bully,bully ts,Eva yunizar wow,
Loading...
loading...