Pria Yang Tolak Ceraikan Istri Bisa Dipenjara Di Israel

Posted on
loading...

Yerusalem (Akulagi.com) – Suami-suami di Israel yg menolak menceraikan istri mereka sekarang dapat didakwa dan menghadapi hukuman penjara berat menurut Kementerian Kehakiman pada Senin (14/11).

Setelah bertahun-tahun para rabi mengendalikan perceraian menurut agama, Kementerian menyatakan bahwa pengadilan mulai terlibat dalam “membebaskan” para perempuan.

Ratusan atau bahkan ribuan perempuan di Israel dilarang membangun kembali hidup mereka karena mereka membutuhkan izin suami buat bercerai.

Di Israel, cuma pengadilan rabi yg mampu mengesahkan pernikahan atau perceraian, karena pernikahan sipil tak ada.

Kementerian mengeluarkan perintah kepada pengadilan sipil bagi menuntut pria yg menolak memberikan izin cerai kepada istri setelah pengadilan rabi memerintahkannya.

Instruksi tersebut juga berlaku untuk perempuan.

Tanpa “izin”, perempuan itu dalam bahasa Ibrani disebut “agunot” dan masih terikat dengan suaminya dan tak boleh menikah lagi.

Jika dia memiliki anak dengan pria lain, anaknya mulai dianggap sebagai “anak haram” yg tak mulai pernah dapat menikah di bawah ketentuan undang-undang Yahudi.

Sekarang ini ada 131 perempuan seperti itu di Israel dalam rata-rata 11.000 perceraian pasangan Yahudi setiap tahun menurut direktur pengadilan rabi, Shimon Yaakobi.

Namun angka itu cuma menghitung perempuan yg suaminya diperintahkan pengadilan agama bagi menerima perceraian.

Aliza Gellis, kepala pusat Yad L’isha, yg menyediakan bantuan hukum untuk perempuan yg terjebak dalam pernikahan tanpa harapan, menyampaikan organisasinya menerima 6.000 permintaan bantuan setiap tahun.

Selain itu ada kasus-kasus langka di mana pria “terbelenggu” karena istri mereka menolak mengajukan permohonan izin cerai.

“Ketika pengadilan rabi menetapkan buat memaksa pria memberi izin atau perempuan menerimanya, perlu dilihat pembukaan penyelidikan kriminal terhadap orang yg bandel dan menuntut mereka seandainya perlu,” kata kementerian.

Menurut pernyataan kementerian yg dikutip kantor berita AFP, “Pria yg menolak memberikan izin menghalangi istrinya dari kebebasannya dan merintangi mereka membangun hidup kembali.”

Saat berhadapan dengan kasus-kasus yg melibatkan orang yg bandel, pengadilan rabu dapat menyita surat izin mengemudi atau mengeluarkan larangan bepergian ke luar negeri atau memblokir rekening bank.

Mereka juga milik kekuatan bagi memenjarakan pria dalam kasus-kasus luar biasa, meskipun sistem pengadilan sipil mampu mengintervensi.(kn)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Pria yang tolak ceraikan istri bisa dipenjara di Israel Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

www bokeb suster sutomo com,cara menmbah penduduk the sims freeplay,foto memek anak usia 3tahun,istri motorola,
Loading...
loading...