LPPM Untan Kembangkan Mesin Pendingin Tenaga Matahari

Posted on
loading...

Pontianak (Akulagi.com) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura (Untan) ketika ini tengah mengembangkan mesin pendingin atau cold storage dengan memanfaatkan energi baru terbarukan berupa sinar matahari buat nelayan terpencil.

“Konsep mesin pendingin yg mulai kami kembangkan sangat sederhana yakni buat sumber listriknya dari solar panel,” ujar Ketua LPPM Untan, Prof Dr M. Ismail Yusuf yg juga sebagai perancang mesin pendingin tersebut di Pontianak, Senin.

Ismail menyampaikan buat ketika ini progresnya tengah berlangsung proses pembuatan fisik bagi mesin pendingin tersebut. Setalah jadi menurutnya baru mulai diuji lagi dahulu di laboratorium sebelum diuji mencoba di lapangan.

“Target kami tahun 2016 ini telah selesai segala dan dapat diuji mencoba oleh nelayan,” tututurnya.

Ia menjelaskan hadirnya mesin pendingin dengan solar panel tersebut dalam rangka buat menjawab sejumlah masalah nalayan di Kalbar. Ia mencontohkan khususnya buat nelayan yg berada di pulau atau terpencil.

“Seperti di nelayan Pulau Nyamuk KKR. Mereka ketika ini seandainya habis menangkap ikan harus dibawa ke Kubu dan itu jauh. Ikan harus dihantar seandainya tak ingin busuk. Namun harapan kalian mereka yg tak memiliki listrik di pulau tersebut dan dengan adanya mesin kami ini dapat menjawab,” terangnya.

Ia menambahkan dengan mesin pendingin juga bagaimana produktivitas dan efesiensi nalayan mulai ada. Selanjutnya harga kompetitif karena ikan mereka baik.

“Saat ini apakah hujan atau gelombang mereka harus mengantar ikan ke penampungan yg ada pendingin. Harapan kami lagi hadirnya mesin kalian ini dapat menolong nelayan,” kata dia.

Ia menerangkan bahwa Untan ke depan mulai selalu melakukan penelitian dan inovasi dalam berbagai hal bagi menolong sejumlah masalah di tengah masyarakat di Kalbar.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang LPPM Untan kembangkan mesin pendingin tenaga matahari Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara membersihkan blok ninja r,oke google cara membuat roti awan sederhana,memperbaiki mesin operdex,memperbaiki mesin jahit operdex,memperbaiki mesin jahit flying man,membuat gulali tanpa mesin,cara memperbaiki speaker yang sudah lower,cara memperbaiki mesin operdek,cara membuat shell di minecraft,toko jual penutup pengering mesin cuci,
Loading...
loading...