Ketegaran Dewi, Tetap Semangat Meski Sudah 20 Tahun Hidup Dengan Kanker

Posted on
loading...

Jakarta, Di usia 26 tahun, tepatnya sekitar tahun 1997, Dewi Yulita Krisnawati (46) terkena kanker tiroid. Ia pun menjalani operasi dan ablasi. Namun, siapa sangka 8 tahun kemudian, tepatnya di tahun 2005, Dewi terkena kanker payudara.

Tiga tahun kemudian, di tahun 2008, kanker payudara diketahui menyebar ke paru-paru. Tak berhenti sampai di situ, setahun kemudian, kanker payudara Dewi juga menyebar di otak kecil. Dan terakhir, di tahun 2016, kanker payudaranya menyebar ke mediastinum (rongga di antara paru-paru kiri dan kanan).

“Kebetulan aku juga ada kelenjar getah bening 4,5 cm karena penyebaran dari kanker payudara. Hari ini aku masih kemoterapi buat terapi kanker yg menyebar ke mediastinum,” kata Dewi ketika ditemui usai Seminar Edukasi ‘Lung Cancer Awareness’ di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok, Senin (14/11/2016).

Saat terkena kanker payudara, operasi, kemoterapi, dan radiasi dijalani Dewi. Ketika kanker payudaranya menyebar ke paru-paru, ia menjalani kemoterapi enam kali. Lalu, operasi, bedah radiasi stereotaktik, dan kemoterapi oral selama 3,5 tahun dikerjakan Dewi akibat kanker payudara yg menyebar ke otaknya.

Nah, bagi mengobati kanker yg kini menyebar ke mediastinum, Dewi menjalani radioterapi 25 kali, kemoterapi, dan tracheostomy. Pengobatan bagi kanker di mediastimun ditargetkan selesai pada Juni 2017 mendatang.

Mulanya, gejala kanker payudara Dewi berupa adanya benjolan di payudara. Namun, Dewi mengira benjolan itu adalah ASI yg tak keluar. Sebab, ketika itu Dewi baru saja selesai menyusui anak keduanya. Tapi siapa nyana, saat dimammografi ditemukan bahwa kanker payudara Dewi telah menginjak stadium 2B.

“Saat itu aku down. Ibaratnya aku nggak terima. Selama ini aku telah rutin kontrol kenapa masih kena kanker juga. Selain itu pengobatan kanker tiroid juga cukup bikin aku trauma ya. Selama 2,5 bulan aku nggak mampu ngomong karena operasi yg dikerjakan cukup besar,” kata wanita yg juga menjadi Ketua I Cancer Information and Support Center (CISC) ini.

Baca juga: Anne Ketahuan Idap Kanker Berkat Anjing Terlatih Miliknya

Untuk itulah, Dewi menolak dioperasi dan ia justru memilih pengobatan alternatif. Mulai dari ‘terapi’ memindahkan kanker ke binatang, mengonsumsi mahkota dewa dan buah merah dijalani Dewi. Tapi yg terjadi, kanker payudaranya memburuk dan menjadi stadium 3C.

Lima bulan sempat menjalani pengobatan alternatif, Dewi akhirnya kembali berobat ke dokter. Berangkat dari pengalamannya, Dewi mengatakan bahwa kanker adalah penyakit medis dan harus diobati secara medis. Meskipun, kini Dewi juga mengonsumsi ramuan herba tetapi sifatnya cuma bagi meningkatkan daya tahan tubuhnya saja, bukan sebagai penyembuh kanker yg diidapnya.

“Waktu kanker payudaranya nyebar ke paru, gejalanya aku batuk nggak sembuh-sembuh sampai sebulan. Dicek, ternyata kankernya telah nyebar ke paru. Setelah kemoterapi tujuh bulan, aku pusing hebat. Ternyata, kanker payudaranya juga menyebar ke otak kecil. Langsung aku jalani operasi, lanjut radiasi, dan kemo oral,” tutur Dewi.

Menurut dia, tracheostomy yaitu prosedur yg paling menyakitkan. Namun, itu tidak membuat Dewi putus asa. Ia tetap rutin kontrol dan optimistis demi mencapai kesembuhannya. Saat ini, Dewi masih rutin kontrol ke dokter tiap beberapa pekan sekali.

Baca juga: Berawal dari Ruam dan Gatal, Collin Ketahuan Idap Kanker Penis(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ketegaran Dewi, Tetap Semangat Meski Sudah 20 Tahun Hidup dengan Kanker Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

dewi persik di perkosa di mobil,vidio dewi persik diperkosa dimobil,menghisap payudara wanita yg berusia 13 tahun dan pria berusia 16 tahun,dewi persik diperkosa di mobil,dewi persik diperkosa dimobil,alamat line dewi persik,dewi persik main di mobil,Dewi Persik di main di mobil,foto syur dewi persik no sensor yang menjadi viral,dewi persik diporno,
Loading...
loading...