Dikira Hamil Kembar Tiga, Ternyata Ada Tumor 7 Kg Dalam Ginjal Pasien

Posted on
loading...

Jakarta, Kegembiraan kadung menyelimuti hati wanita ini. Perutnya membesar seolah-olah tengah mengandung bayi kembar tiga. Tetangga-tetangganya juga berulang kali mengucap selamat.

Hingga akhirnya si wanita yg diketahui bernama Kajal Singh ini mengalami pendarahan dan nyeri di perut yg luar biasa. Ia pun dilarikan ke BLK Super Speciality Hospital, New Delhi.

Betapa terkejutnya tim dokter saat menemukan sebuah tumor seukuran semangka di dalam perutnya, bukannya janin kembar tiga.

Dr Hardev Singh Bhatyal, kepala bedah transplantasi ginjal dan urologi dari BLK menjelaskan, dari hasil ultrasound dan CT angiogram yg dikerjakan tim medis terungkap, tumor yg tumbuh dari ginjal kanan Kajal ini disebut dengan angiomyolipoma.

Tumor semacam ini tergolong jinak, namun perkara Kajal terbilang langka karena ukurannya yg begitu besar sehingga mengakibatkan pergeseran letak organ-organ yg berdekatan.

Berat tumor Kajal adalah 7 kg, dengan diameter sepanjang 40 cm atau sama beratnya dengan bola bowling.

Baca juga: Perut Membuncit, Ternyata Tumbuh Tumor Sebesar Bola Basket

Operasi pun langsung dilaksanakan. Menghabiskan waktu selama enam jam, tim dokter berhasil mengangkat tumor tersebut dan menyisakan 50 persen ginjalnya.

“Ini adalah operasi yg sangat menantang sebab lokasi di mana tumor ini tumbuh dan ukurannya adalah ancaman buat pasien,” ujar Dr Hardev seperti dilaporkan Express.co.uk.

Bahkan, lanjut Hardev, cedera kecil pada perut pasien saja telah mampu menyebabkan pendarahan internal yg buruk, tidak terkecuali kematian.

Hardev juga meyakini ini adalah buat pertama kalinya tumor raksasa dari dalam tubuh manusia berhasil diangkat tanpa meninggalkan kerusakan pada ginjal pasien.

Di tahun 2015, tim dokter dari All India Institute of Medical Science, New Delhi berhasil mengangkat sebuah tumor ginjal seberat 5,018 kg. Saat itu tumor ginjal ini diklaim sebagai yg terbesar di dunia.

Ini artinya tumor ginjal yg diangkat dari tubuh Kajal adalah yg terbesar ketika ini.

Baca juga: Catat, Ini Bedanya Mioma, Kista dan Endometriosis(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Dikira Hamil Kembar Tiga, Ternyata Ada Tumor 7 Kg dalam Ginjal Pasien Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...