Ayah Dan Ibu Harus Tahu, Tidur Seenaknya Bisa Picu Kegemukan Pada Anak

Posted on
loading...

Jakarta, Gemuk tidak terus berarti lucu atau imut. Selain itu, ada dua kebiasaan dalam keluarga yg ternyata berdampak besar pada risiko obesitas anak, namun banyak orang tua yg tidak menyadarinya.

Setidaknya menurut penelitian terbaru dari University of College London, anak yg tak tidur di jam yg sama setiap harinya berisiko 50 persen lebih besar bagi mengalami kegemukan maupun obesitas.

Peneliti memastikan temuan ini dengan melakukan pengamatan terhadap anak-anak yg lahir dari 19.244 keluarga di Inggris dalam kurun September 2000-Januari 2002. Peneliti juga mengumpulkan data tinggi dan berat anak saat usianya mencapai 3, 5, 7 dan 11 tahun.

Ternyata 13,1 persen anak mengalami kenaikan BMI (indeks massa tubuh) yg cukup tinggi, sedangkan 2,5 persen mengalami kenaikan BMI yg pesat.

Menurut peneliti, saat jam tidur si anak berubah-ubah, maka ia mulai mengalami semacam jetlag. Hal ini memicu penurunan hormon leptin yg berperan mengatur selera makan. Demikian seperti dilaporkan Daily Mail.

“Jam tidur yg tidak pernah sama tadi memicu peningkatan selera makan serta konsumsi makanan yg padat energi, namun kurang nutrisi,” jelas Yvonne Kelly, ketua tim peneliti.

Menariknya, peneliti juga menyampaikan konsumsi minuman berpemanis buatan dan kebiasaan menonton televisi bukanlah pemicu penting kegemukan pada anak. Hal ini karena efeknya terhadap pengaturan hormon yg berkaitan dengan berat badan pada anak tak sebesar kurang tidur.

Baca juga: Ingat Lho, Anak Obesitas Itu Bukan Berarti Terpenuhi Semua Gizinya

Kelly juga menyadari bahwa banyak orang tua yg membiarkan anak memilih jam tidur mereka sendiri atau membiarkan mereka terjaga hingga larut malam karena ritme kehidupan modern yg cenderung cepat. “Biasanya orang tua yg pulang malam ingin melihat anaknya lalu sebelum tidur, padahal ini tak benar,” imbuh Kelly.

Tak cuma kebiasaan tidur, Kelly juga menemukan bahwa dampak serupa juga dirasakan anak seandainya ia terbiasa melewatkan sarapan, dan memiliki ibu yg merokok saat mengandung.

Bahkan pada perkara di mana ibu si anak merokok selama mengandung, risiko obesitas anaknya juga semakin tinggi melebihi anak yg cuma melewatkan sarapan dan kurang tidur.

Baca juga: Hadapi Perubahan Pola Tidur, Fresh Graduate Sulit Efektif Bekerja(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ayah dan Ibu Harus Tahu, Tidur Seenaknya Bisa Picu Kegemukan pada Anak Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

ngentot anak smp,carikan baju tidur transparan,lagi tidur di kawin,http://googleweblight com/?lite_url=http://akulagi com/Berita-carikan-baju-tidur-transparan&ei=GVWF--34&lc=id-ID&s=1&m=878&host=www google co id&ts=1480660109&sig=AF9NednX-mR9fwguoVV9mlXOfnR8hlG06g,cara membuat lampu tidur jamur,cara membuat lampu tidur proyektor berputar,cara membuat lampu tidur yang mudah tanpa kabel,vidio picit memek anak tanggung,fb anak jaman sekarang vp,http://googleweblight com/?lite_url=http://akulagi com/Berita-artis+dangdut+duo+serigala+pakai+baju+tidur+seksi+transparan&ei=csk1NEoY&lc=id-ID&s=1&m=878&host=www google co id&ts=1480423456&sig=AF9NedkPwQcTnF4StlBL8aqS7CCRcFJro,
Loading...
loading...