Adik Dan Kakak Punya Selera Makan Berbeda Bikin Ortu Bingung? Ini Solusinya

Posted on
loading...

Jakarta, Punya anak dengan selera makan yg berbeda-beda tentu membuat orang tua pusing. Selain repot harus memasak banyak menu, biaya yg harus dikeluarkan juga bertambah. Apa yg mampu dikerjakan orang tua?

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, menyampaikan persoalan tersebut umum dijumpai oleh orang tua dengan anak lebih dari satu. Meski sama-sama bersaudara, selera makan antara kakak dan adik dapat sangat berbeda dan dapat membuat orang tua bingung.

“Itu saya ngalamin juga. Anak saya yg pertama sangat doyan sayur kangkung, tetapi adiknya sama sekali nggak mau. Nah adiknya nih, doyan makan sayur bayam, tetapi kakaknya malah nggak doyan sama sekali,” tutur psikolog yg akrab disapa Nina ini kepada detikHealth, disela-sela acara Piknik Sehat SGM Eksplor di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor, baru-baru ini.

Dikatakan Nina, mengatasi persoalan seperti ini memang gampang-gampang susah. Orang tua harus putar otak dan mencari tips bagaimana mengatasi persoalan perbedaan selera anak ini.

Yang ia lakukan adalah memberlakukan hari spesial buat kakak dan adik. Misalnya seandainya hari ini hari adik, si adiklah yg berhak menentukan menu makanan bagi hari itu. Anggota keluarga termasuk ayah, ibu dan kakak harus mau makan dengan menu yg ditentukan oleh si adik.

Baca juga: Ingat Ya! Susu Adalah Pelengkap Menu, Bukan Pengganti Makanan

“Kalau saya di rumah seperti itu. Ambil kalender aja, dahulu ditandai kapan hari adik, kapan hari kakak, kapan hari ayah atau kapan hari ibu. Kalau gini kan seluruh bisa hari spesial di mana dia dapat makan makanan favorit,” ungkap Nina.

Cara kedua adalah dengan token system atau sistem pemberian hadiah melalui kupon dan voucher. Setiap anak berlaku baik, misalnya makan sayur atau buah yg bukan favoritnya, anak mendapat kupon atau voucher yg nantinya dapat ditukar dengan hadiah seandainya telah mencapai jumlah tertentu.

“Anak itu kan harus merasa dihargai juga atas kerja kerasnya ya. Makan sayur atau buah yg dia nggak doyan sebenarnya itu harus diapresiasi juga. Nah, pelan-pelan tetapi kalian naikin standarnya. Dengan begitu anak lama-lama dapat terbiasa,” tutup Nina.

Baca juga: Studi: Jarang Makan Sayur dan Buah, Anak Jadi Lebih Berisiko Asma

(mrs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Adik dan Kakak Punya Selera Makan Berbeda Bikin Ortu Bingung? Ini Solusinya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

adik chealse islan,adik kakak bikin video bokep,adik kandung vino g bastian,download video porno tanpa sensor bersi sekali vedionya,video bokep kakak adik indonesia,video bokep kakak sama adik,video kakak adik ML yang jadi viral,video nyata kakak adik ngentot bokep,video skandal adik kakak,
Loading...
loading...