Puluhan Ribu Demonstran Tuntut Pengunduran Diri Presiden Korsel

Posted on
loading...

Seoul (Akulagi.com) – Puluhan ribu orang berkumpul di pusat kota Seoul pada Sabtu dalam demonstrasi terkini bagi menuntut pengunduran diri Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di tengah skandal yg melibatkan orang kepercayaannya.

Polisi memperkirakan sekitar 170.000 orang mulai mengikuti aksi unjuk rasa di lapangan dekat Balai Kota Seoul, sementara penyelenggara meramalkan sampai sesuatu juta orang mulai ikut berdemonstrasi.

Itu diperkirakan menjadi demonstrasi terbesar yg pernah digelar di Korea Selatan dalam sesuatu abad terakhir. Polisi berencana mengerahkan sekitar 25.000 aparat buat mencegah potensi kerusuhan.

Tiga partai oposisi ikut dalam aksi itu, bersama dua bakal calon presiden potensial, termasuk Wali Kota Seoul Park Won-soon dari Partai Demokrat.

Rekor unjuk rasa sebelumnya dicetak pada Juni 2008 saat 80.000 orang, menurut perhitungan polisi, berdemonstasi di Seoul menentang keputusan pemerintah melanjutkan impor daging sapi dari Amerika Serikat. Penyelenggara kemudian menyebut jumlah demonstran sampai 700.000.

Unjuk rasa Sabtu, yg diselenggarakan oleh 1.500 lebih kelompok sipil, yaitu rangkaian aksi protes terhadap Park yg kepemimpinannya diguncang kecurigaan bahwa dia membiarkan kawan lamanya Choi Soon-sil menyalahgunakan kekuasaan di balik layar.

Choi dituduh mencampuri urusan negara, mendapat akses ke dokumen-dokumen rahasia presiden, mempengaruhi penunjukan personel dan meminta para konglomerat mendanai yayasan-yayasan yg dia kendalikan.

Park sejauh ini telah mengatakan beberapa kali permintaan maaf ke publik, namun sepertinya gagal menenangkan kemarahan publik terkait skandal tersebut.

Rencana Pawai

Setelah berkumpul, para pengunjuk rasa berencana pawai menuju kantor presiden Cheong Wa Dae pada pukul 17.00.

Polisi sebenarnya melarang mereka memasuki perempatan dekat Stasiun Gyeongbokgung di jalur kereta bawah tanah No. 3, mengutip kemungkinan menyebabkan ketidaknyamanan dahulu lintas.

Namun sesuatu pengadilan lokal pada Sabtu pagi memberi restu kepada para pengunjuk rasa bagi melakukan pawai yg direncanakan, menyebutnya sebagai kebebasan bagi berkumpul.

“Mempertimbangkan tujuan spesifik dari unjuk rasa ini, yg adalah buat mengatakan suara publik ke presiden, arti utama jalan Sajik dan Yulgok jelas berbeda dengan yg mereka maksud buat demonstrasi lain,” kata Pengadilan Administratif Seoul.

“Demonstrasi dan pawai tak dipimpin oleh kelompok kepentingan tertentu, tetapi oleh masyarakat umum, akan dari remaja dan orang dewasa sampai lansia yg secara sukarela ambil bagian” menurut pengadilan.

Sehubungan dengan kemungkinan adanya ketidaknyamanan dahulu lintas, pengadilan menyatakan bahwa “tampaknya masih dalam batas yg mampu diterima publik”, menyatakan penyelenggara dan pers telah sepenuhnya mengatakan keterangan mengenai rencana pawai itu ke publik menurut warta kantor berita Yonhap.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Puluhan ribu demonstran tuntut pengunduran diri Presiden Korsel Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...