Anak Doyan Makan Buah Dan Sayur Bisa Dididik Sejak MPASI, Bagaimana Triknya?

Posted on
loading...

Bogor, Anak doyan makan buah dan sayur yaitu dambaan semua orang tua. Pakar menyampaikan buat itu, pendidikan soal makan buah dan sayur mampu dikerjakan sejak dini.

dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K), menyampaikan agar anak doyan makan buah dan sayur, pengenalan awal harus dikerjakan setelah masa air susu ibu (ASI) eksklusif selesai. Setelah anak berusia 6 bulan ke atas, fase Makanan Pendamping ASI (MPASI) dapat divariasikan dengan penambahan menu sayur dan buah.

“Jadi anak doyan makan buah dan sayur itu nggak tiba-tiba. Dari fase MPASI mampu dikenalkan, bahkan ada juga penelitian yg menyampaikan kalau dari hamil ibunya senang makan buah dan sayur, anaknya nanti juga mulai doyan,” tutur dr Frieda, di sela-sela acara Piknik Sehat bersama SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Minggu (13/11/2016).

Suasana petik jeruk (Foto: Reza/detikHealth)Foto: Reza/detikHealth
Suasana petik jeruk (Foto: Reza/detikHealth)

Dijelaskan dr Frieda, buah dan sayur mampu dikenalkan pada anak ketika MPASI dengan cara dilumatkan. Ketika anak telah di atas sesuatu tahun, sayur dan buah telah mampu dimasukkan dalam menu makanan keluarga.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, menyampaikan pengenalan buah dan sayur pada anak-anak harus konsisten dengan orang tua. Jangan sampai anak diminta makan buah dan sayur sementara orang tua tidak.

“Orang tua harus konsisten, bareng-bareng makan sama anak buah dan sayurnya. Satu lagi, anak tak boleh dipaksa buat makan buah dan sayur, dalam artian seandainya tak makan buah dan sayur nanti dihukum. Ini tak boleh,” paparnya.

Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia, menyampaikan berdasarkan data, konsumsi buah dan sayur di Indonesia masih sangat rendah. Pada usia 10 tahun ke atas, 93,5 persen penduduk masih kurang makan sayur dan buah.

Piknik Sehat bersama SGM Eksplor (Foto: Reza/detikHealth)Foto: Reza/detikHealth
Piknik Sehat bersama SGM Eksplor (Foto: Reza/detikHealth)

Untuk itu, SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur mengadakan acara piknik sehat bersama. Piknik sehat yaitu lanjutan dari rangkaian program PAUD Healthy Eating Habit yg dikerjakan di 6 PAUD daerah Jabodetabek.

Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur menjelaskan bahwa kampanye Healthy Eating Habit ini yaitu wujud misi Nutrisi Untuk Bangsa dengan tak cuma menyediakan nutrisi berkualitas, tetapi juga mengedukasi orang tua tentang pentingnya pola makan gizi seimbang.

“Melalui kampanye Healthy Eating Habit, kalian mengajak keluarga Indonesia buat mengonsumsi buah dan sayur sesuai dengan rekomendasi dari Kemenkes dengan cara yg gampang dan menyenangkan,” ungkap Diana.

Kiri ke kanan (Anna Surti Ariani, Arif Mujahidin, dr Frieda Handayani, Diana Beauty) (Foto: Reza/detikHealth)Foto: Reza/detikHealth
Kiri ke kanan (Anna Surti Ariani, Arif Mujahidin, dr Frieda Handayani, Diana Beauty) (Foto: Reza/detikHealth)

(mrs/ajg)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Anak Doyan Makan Buah dan Sayur Bisa Dididik Sejak MPASI, Bagaimana Triknya? Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

adinda dan devi anak sby,kelakuan cabean dan terongan zaman sekarang,kelakuan cabean dan terongan jaman sekarang,labu siam besar tidak laku,tas tali kur motif buah-buahan,ashanti beauty cream,cara membuat buah buaahan dari kertas hvs,adinda anak sby,bolehkah membuat bakwan tanpa telor,cara membuat keranjang buah dengan stik,
Loading...
loading...