Microsoft Jadi Target Penyelidikan Anti-monopoli Di Rusia

Posted on
loading...

Moskow (Akulagi.com) – Otoritas anti-monopoli Rusia menyatakan sedang menyelidiki Microsoft dengan dugaan sudah menyalahgunakan dominansi di pasar antivirus perangkat lunak.

Dalam pernyataannya pada Kamis (10/11), Badan Anti-monopoli Federal (Federal Anti-monopoly Service/FAS) menyatakan keputusan itu diambil setelah menerima laporan dari perusahaan keamanan Internet Kaspersky yg bermarkas di Moskow.

Microsoft dituduh mengurangi menjadi enam hari kerja waktu untuk penjual perangkat lunak pihak ketiga buat menyelaraskan paket antivirus mereka ke sistem operasi Windows 10, jauh lebih singkat dari waktu beberapa bulan buat versi sebelumnya.

Ketika pengguna Windows memasang sistem operasi terbaru, antivirus perangkat lunaknya tak aktif, dan sistem Microsoft Windows Defender secara otomatis mengambil alih.

Karena cuma ada waktu dua hari buat melakukan perubahan guna menjamin kesesuaian, para pengembang perangkat lunak seperti Kaspersky tak milik cukup waktu bagi memberikan layanan memadai kepada para pengguna.

“Ketika Microsoft sendiri mengembangkan sistem antivirus Windows Defender, yg secara otomatis aktif seandainya produk perangkat lunak pihak ketiga tak milik waktu bagi beradaptasi dengan Windows 10, kebijakan seperti itu menjadi keuntungan yg tak adil buat Microsoft,” kata Wakil Direktur FAS Anatoli Golomolzine dalam sesuatu pernyataan yg dikutip kantor berita AFP.

Kaspersky mengonfirmasi pendekatan mereka ke otoritas anti-monopoli dan Komisi Eropa dalam sesuatu pernyataan bahwa tindakan itu dikerjakan “setelah diskusi berbulan-bulan tanpa hasil dan berbagai upaya melelahkan buat menyelesaikan persoalan itu segera dengan Microsoft.”

Pada Agustus, FAS memulai proses hukum terhadap raksasa teknologi Amerika Serikat Apple mengenai tuduhan pengaturan harga retail iPhone di Rusia.

Pada bulan yg sama, mereka mendenda Google sebanyak 6,75 juta dolar AS karena menyalahgunakan posisi dominannya di pasar dengan memaksa pembuat telepon pintar memasang mesin pencarinya pada telepon-telepon dengan sistem operasi Android.(ab/)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Microsoft jadi target penyelidikan anti-monopoli di Rusia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...