Ukraina Harapkan Dukungan AS Di Bawah Pimpinan Trump

Posted on
loading...

Kiev (Akulagi.com) – Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump pada Rabu, dan menyatakan keinginannya bahwa Washington mulai mempertahankan dukungannya untuk Kiev setelah dia menjabat sebagai presiden.

“Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Donald Trump atas terpilihnya dia sebagai Presiden Amerika Serikat,” kata Poroshenko kepada Duta Besar AS bagi Kiev Marie Yovanovitch, sekaligus mengundang Trump buat berkunjung ke Ukraina, demikian menurut sebuah pernyataan dari kantor kepresidenan.

Dia menyampaikan mengharapkan “dukungan berkelanjutan  AS … dalam perjuangan Ukraina melawan agresi Rusia, kebebasan, kemerdekaan dan pemulihan kedaulatan dan integritas wilayah,” mengacu pada wilayah separatis pro-Rusia di timur.

Hampir 10.000 orang tewas sejak konflik Ukraina meletus pada 2014, yg mengadu pemberontak pro-Rusia dan pasukan pemerintah.

Beberapa pihak di Ukraina menyatakan kekhawatiran bahwa Trump, yg memuji Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kampanye, mulai mengorbankan Ukraina bagi meningkatkan hubungan dengan Moskow.

Kepala tim pemenangan Trump dikabarkan mengabaikan Poroshenko saat presiden Ukraina itu menawarkan diri buat bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB pada tahun ini, meski dia dapat bertemu dengan Hillary Clinton, demikian dikutip dari AFP.  (mr)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ukraina harapkan dukungan AS di bawah pimpinan Trump Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...