Polisi Sebut Timor Leste Kerap Dijadikan Pintu Masuk Narkoba Ke Indonesia

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan perwakilan dari kepolisian Timor Leste memanfaatkan momentum sidang umum Interpol buat meningkatkan kerja sama bilateral.

Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri Brigjen Pol Johanis Asadoma mengatakan, ada masalah terkait kejahatan narkotika antara Indonesia dan Timor Leste yg harus cepat ditangani.

Perbatasan darat Timor Leste dan Indonesia sangat panjang.

“Banyak sekali ‘jalur tikus’ yg digunakan buat selundupkan narkotika,” ujar Johanis, dalam konferensi pers, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Bali, Selasa (8/11/2016) malam.

Terlebih lagi, hukuman untuk pelaku kejahatan narkotika di Timor Leste tidak sekeras di Indonesia.

Di sana, hukuman maksimal yg dikenakan cuma beberapa tahun.

Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yg lebih ketat dalam pengawasan wilayah perbatasan dan narkotika.

“Ini dimanfaatkan pelaku memakai Timor Leste sebagai pintu masuk menyelundupkan narkotik,” kata Johanis.

Tak cuma kejahatan transnasional, peningkatan kerja sama kejahatan konvensional juga perlu ditingkatkan dengan Timor Leste.

Pasalnya, daerah perbatasan banyak dimanfaatkan buat menyelundupkan kendaraan bermotor maupun hewan langka yg dilindungi.

Menurut Johanis, saat barang-barang tersebut telah berada di luar Timor Leste, maka tak mampu lagi dikembalikan lagi ke Indonesia.

“Perlu kerja sama dalam investigasi dengan Timor Leste. Maka disepakati dibentuk tim khusus antara Polri dengan kepolisian Timor Leste,” kata dia.

Peningkatan kerja sama juga dikerjakan dari segi kapasitas sumber daya manusia kepolisian.

Beberapa tahun terakhir, Timor Leste mengirimkan polisinya ke Indonesia bagi menjalani pendidikan di bidang reserse, dahulu lintas, forensik, dan intelijen.

Pada tahun 2016 ini, lebih dari 100 polisi Timor Leste menempuh pendidikan kepolisian di Indonesia.

“Kita sepakati, Kapolri tetap mendukung dan meningkatkan kerjasama ini agar kemampuan SDM Timor Leste meningkat. Maka pemberantasan kejahatan tersebut gampang dilakukan,” kata Johanis.

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Polisi Sebut Timor Leste Kerap Dijadikan Pintu Masuk Narkoba ke Indonesia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

Bokep timor leste atambua,cara membersihkan injektor timor dohc,streaming video bokep timorleste,
Loading...
loading...