Apa Yang Mau Dipelajari Pansus RUU Anti-terorisme Jika Kunker Ke Inggris Dan AS?

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme merencanakan kunjungan kerja ke Inggris dan Amerika Serikat bagi mempelajari penanganan masalah terorisme di beberapa negara tersebut.

Namun, rencana tersebut masih terganjal perizinan dari Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat yg hingga ketika ini belum memberikan persetujuan.

Ketua Pansus Terorisme Muhammad Syafii menilai, kunker ke beberapa negara tersebut penting.

Salah sesuatu yg mulai dipelajari Pansus adalah mengenai badan pengawas.

Di Inggris, mereka yg ditangkap karena masalah terorisme diawasi dan diproses hukum secara terukur.

(Baca: Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Belum Setujui Rencana Kunker Pansus RUU Anti-terorisme)

Pansus sendiri tengah mengkaji apakah perlu ada badan pengawas yg mengawasi operasi penganganan terorisme, termasuk mengawasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Agar UU Ini bagus ke depannya, ya kami harus belajar di situ,” kata Syafii, ketika dihubungi, Rabu (9/11/2016).

Sementara itu, Anggota Pansus Terorisme, Taufiqulhadi mengatakan, beberapa negara tersebut memiliki UU yg cukup berbeda terkait terorisme.

Di Inggris, kata dia, pemberantasan terorisme tak melibatkan militer. Sedangkan di Amerika serikat, pemberantasan terorisme melibatkan militer.

“Kenapa Amerika melibatkan militer? Karena dalam konteks pemahaman Amerika, teroris itu bagian dari musuh politik luar negerinya,” ujar Taufiqulhadi. 

Adapun, di Inggris, pemberantasan terorisme dianggap menjadi bagian penegakan ketertiban dan keamanan dalam negeri.

Dengan demikian, penanganannya cukup dikerjakan oleh kepolisian. 

“Jadi beberapa ini mulai dikaji. Pergi ke sana itu buat memahami kenapa kedua negeri itu menerapkan peraturan tersebut,” tutur Politisi Partai Nasdem itu.

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Apa yang Mau Dipelajari Pansus RUU Anti-terorisme jika Kunker ke Inggris dan AS? Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

Cara membersihkan pansus,cara membersikan sepatu pansus wanita,http://akulagi com/Berita-cara-membersihkan-sepatu-pansus,masalah bee movie wifi aplikasi,
Loading...
loading...