Seluruh Tubuh Hampir Tertutup Bercak Hitam, Balita Ini Tetap Lincah Dan Ceria

Posted on
loading...

Jakarta, Bahagia menyelimuti pasangan Bagus Rully Muttaqien (31) dan Amalia Mustika Sari (29) ketika putra yg telah ditunggu-tunggu selama 4 tahun, Zinedine Ghaidan Muttaqien lahir pada tanggal 30 Maret 2015. Namun, Ghaidan terlahir dengan keadaan bawaan Congenital Melanocytic Nevus (CMN).

Ya, CMN membuat hampir 70 persen tubuh Ghaidan dihalangi bercak hitam, terutama di area pundak sampai pinggang. Saat lahir, awalnya cuma ada sedikit bercak hitam seperti tahi lalat di wajah, pelipis, tangan, betis, dan kaki Ghaidan. Tapi makin lama, jumlahnya makin banyak dan luasnya pun bertambah.

“Makin lama nevusnya (tanda berlebih dan mengalami over pigmentasi) makin banyak. Udah sampai nyebar ke rongga hidung, ke rongga mulut, di telinga. Kalau lalu ada bagian kulitnya yg super sensitif, terus ngeluarin darah, kulitnya kayak retak, infeksi, bernanah, perih dan gatal,” kata Amalia yg akrab disapa Amel ketika berbincang dengan detikHealth.

Sampai usia 3 bulan, Ghaidan tidak jarang rewel. Di usia itu pula, di bercak hitam bagian punggung Ghaidan timbul semacam lepuhan merah sebesar telur ayam. Benjolan itu pun diangkat sekaligus sampel jaringan tubuh yang lain Ghaidan diambil.

Di usia sesuatu tahun, Ghaidan menjalani pemeriksaan MRI dan ditemukan bahwa nevus tersebut telah menyebar ke selaput otak Ghaidan hingga menekan sebagian saraf di otak bocah itu. Hal inilah yg membuat Ghaidan jadi tidak jarang kedutan di mata kanannya. Selain MRI, Ghaidan juga menjalani tes Elektroensefalografi (EEG) dan diketahui ada lonjakan frekuensi otak di titik tertentu. Nah, saat kedutan terjadi, seandainya diibaratkan, Amel menyampaikan Ghaidan seperti gawai yg sedang hang.

Seluruh Tubuh Hampir Tertutup Bercak Hitam, Balita Ini Tetap Lincah dan CeriaFoto: Radian Nyi S

“Kedutannya sekitar 20 detik sampai 1 menit. Kalau lagi kedutan selalu Ghaidan nge-blank gitu, kalian goncang-goncang badannya karena nge-blanknya jadi lebih cepat. Kadang lagi nangis, kalau kedutan ya dia diam aja, selalu kalau udah nggak kedutan nangis lagi,” kata Rully.

Berdasarkan informasi dokter, seandainya tak ditangani, kedutan yg diakibatkan adanya tekanan di saraf otak oleh nevus itu dapat memicu kejang. Untuk itu, ketika ini Ghaidan diberi obat epilepsi berbentuk sirup yg diminumnya sehari sekali. Karena efek samping obat, porsi makan dan minum susu Ghaidan lebih banyak. Kini, bobotnya telah mencapai 12 kg.

Sebenarnya ada cara yang lain bagi mengatasi keadaan Ghaidan yakni dengan pemberian obat kemoterapi oral. Tetapi, pilihan itu tak diambil Amel dan Rully karena dosis yg digunakan pun ibarat masih coba-coba. Biopsi juga telah dikerjakan dan hasilnya, tak ditemukan hal yg membahayakan. Meski dua dokter mengungkapkan keadaan Ghaidan memiliki potensi ke arah melanoma

Baca juga: Waspadai Jika Tahi Lalat Membesar dan Berdarah

Tak berhenti sampai di situ, dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa di jaringan bawah kulit muncul benjolan terutama di enam lokasi, merupakan di perut dekat pusar, rusuk atad kanan, pundak, di bagian dada, di punggung, dan di ketiak. Benjolan tersebut amat disarankan bagi diangkat secara bertahap. Namun, Rully dan Amel belum mampu memastikan kapan prosedur itu dikerjakan mengingat biaya yg dibutuhkan tak sedikit.

“Dulu aja buat MRI sama pengangkatan jaringan yg di punggung itu habis biaya hampir Rp 40 juta. Itu masih dicover asuransi tetapi sekarang, nggak semuanya dicover jadi kalian masih ngumpulin dananya dulu,” tutur Amel.

Awalnya Ghaidan Sempat ‘Disembunyikan’

Meski memiliki CMN, aktivitas motorik Ghaidan masih bagus. Ia pun tumbuh lincah seperti anak-anak lain. Hanya saja, Ghaidan masih belum dapat mengucapkan sesuatu kata pun dengan jelas. Sehingga, ketika berkomunikasi dengan orang sekitar Ghaidan cuma menunjuk-nunjuk saja. Meski demikian, Ghaidan paham dengan instruksi yg diberi orang di sekitarnya.

Di awal-awal Ghaidan lahir, Amel dan Rully sempat menyembunyikan putranya itu. Ghaidan terus dipakaikan baju dan celana panjang, lengkap dengan topi. Kesedihan pun dialami Rully serta Amel karena mereka khawatir terjadi apa-apa dengan buah hatinya.

Seluruh Tubuh Hampir Tertutup Bercak Hitam, Balita Ini Tetap Lincah dan CeriaFoto: Radian Nyi S

Hingga akhirnya muncul keberanian di diri Rully maupun Amel buat akan memamerkan putranya. Salah sesuatu caranya, Amel dan Rully mengunggah foto-foto Ghaidan di sosial media, termasuk akun sosial media nevus outreach.

“Memang kami juga pengen ningkatin awareness soal CMN karena yg aku temui umumnya orang tua dengan anak yg milik CMN itu anaknya diumpetin. Kemudian awareness buat masyarakat supaya lebih paham soal CMN,” kata Amel yg kini tengah hamil 8 bulan.

Saat ini, karena Amel dan Rully belum tahu apa langkah yg mampu dikerjakan guna memperlambat pertumbuhan nevus Ghaidan, maka yg mereka lakukan adalah terus mengobservasi keadaan Ghaidan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Amankah Lakukan Terapi Laser bagi Hilangkan Tahi Lalat di Wajah?

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Seluruh Tubuh Hampir Tertutup Bercak Hitam, Balita Ini Tetap Lincah dan Ceria Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

http://googleweblight com/?lite_url=http://akulagi com/Berita-foto+orang+sedang+membuat+anak&ei=OeaTqqp-&lc=id-ID&s=1&m=671&host=www google co id&ts=1480225083&sig=AF9NednsubRfnEd9vXGucZAX3Iu_JrRPqQ,chord hitam atau putih kulit hitam kulit putih,download squishy yg bida nyerap slime,download video bokep besar penis remaja ganteng,downlod fidio kol nikita mirzaini hot buka baju,foto orang yang sedang membuat anak,model sexy dan cmn pksi bh,Poto syur kolen,putar prostitusi artis ariel,
Loading...
loading...