Reaksi Campur Aduk Dunia Tanggapi Kemenangan Donald Trump

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Dunia menanggapi kemenangan Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat dengan perasaan campur aduk dengan ada yg mendukung dan ada pula yg tidak mengharapkannya menang.

Sebelum Hillary Clinton mengakui kalah, Norbert Roettgen, pejabat tinggi partai berkuasa di Jerman Uni Demokrat Kristen (CDU) yg menjadi yang berasal Kanselir Angela Merkel, menyampaikan situasi geopolitik sangat tak menentu.

“Kini kita baru sadar kita tak tahu apa-apa yg mulai dikerjakan presiden Amerika ini seandainya suara angkara merasuki kantor (presiden) dan suara angkara menjadi orang paling berkuasa di dunia,” kata Norbert Roettgen kepada radio Deutschlandfunk.

Lain lagi dengan duta besar Prancis buat AS Gerard Araud yg malah meramalkan adanya tatanan dunia yg baru.

“Setelah Brexit dan pemilu ini, dari sekarang segalanya jadi mungkin,” cuit Araud. “Dunia sedang terbalik. Pusing.”

Dia melanjutkan, “Ini akhir sebuah zaman, merupakan neoliberalisme. Zaman yg mulai menggantikannya belum diketahui,” kata Araud.  Cuitan dia ini kemudian dihapus.

Sebaliknya China menyimpuikan kemenangan Trump sebagai tanda demokrasi Amerika sedang krisis, yg berbeda dengan China yg stabil di bawah rezim otoriter.

“Mayoritas rakyat Amerika memberontak terhadap elite politik dan keuangan Amerika Serikat,” tulis kantor berita China Xinhua.

Sedangkan koran Partai Komunis China, Harian Rakyat, mengomentari hasil Pemilu AS itu mengungkapkan demokrasi yg sakit.

Seperti Rusia, China mendukung Trump yg tidak ingin berkonfrontasi dengan China, khususnya di Laut China Selatan.

Seorang pemilik akun Carlo Angerer mencuit dan menjadi trending topic di Twitter, “Orang Jerman dibangunkan oleh hasil dan Alptraum (mimpi buruk) Pemilu”. Sedangkan akun Emmanuelle Saliba mencuit, “Pemimpin ultra kanan Prancis menyelamati Trump ‘presidren baru Amerika Serikat.”

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengaku sangat mengikuti hasil Pemilu di AS itu, demikian laman NBC.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Reaksi campur aduk dunia tanggapi kemenangan Donald Trump Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

squishy termahal di indonesia,http://akulagi com/Berita-squishy termahal di dunia,squisy termahal di dunia,squishy te,squshy paling mahal,anak sdfoto bugil,squishy terjelek di dunia,squishy termahal dan mewah di Indonesia,squoshy paling mahal,
Loading...
loading...