Pemerintah Mau Siapkan SNI Skuter Listrik

Posted on
loading...

Jakarta, Akulagi.com – Skuter listrik Gesits sedang mendapat perhatian lebih dari pemerintah karena ini dianggap sebagai karya anak bangsa, yg dihasilkan dari kerja sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo. Rencananya, produk ini mulai diproduksi massal pada semester kedua 2017.

Saat ini, Gesits telah masuk dalam tahap pengujian di jalan, setelah melalui tes laboratorium. Jarak yg ditempuh lebih kurang 1.200 km akan dari Jakarta sampai Bali. Jika Gesits telah bersiap produksi, bagaimana dari sisi regulasi termasuk penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI)?

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian menyampaikan bahwa SNI sampai ketika ini belum mampu ditetapkan. Karena masih harus menunggu produk skuter listrik, khususnya Gesits ini benar-benar telah jadi.

“Karena SNI adalah suatu konsensus, antara produsen, pemerintah, perguruan tinggi, dan juga publik. Jadi harus ada produknya terlebih dahulu. Jadi tak mampu kita susun SNI, tetapi tak ada produknya. Jadi kalian harapkan dengan uji mencoba ini, kalian akan mampu memikirkannya,” ujar Putu, Senin (7/11/2016).

Putu melanjutkan bahwa nantinya mulai dibentuk panitia khusus yg mulai mengurusi mengenai SNI ini. Baru kemudian mulai ditetapkan bagian mana saja yg mulai akan di-SNI-kan.

“Kami mampu akan memikirkan panitia teknisnya bersama dengan kawan-kawan di Kemenristekdikti. Nanti yg mulai distandarkan apa saja, apakah baterainya, motornya, rangkanya. Semua itu mulai disesuaikan dengan kebijakan pengembangan kendaraan bermotor,” ujar Putu.

Tiga komponen

Muhammad Nur, Head of Gesits, menambahkan, SNI dibutuhkan bagi meningkatkan daya saing skuter listrik buatan lokal dengan merek asing, terutama produk impor. Ada tiga komponen penting yg wajib ada SNI.

“Ketiga komponen penting itu adalah motor listrik, baterai, dan sistem operasi yg digunakan. Lewat komitmen ini, maka Indonesia bakal milik skuter listrik yg berdaya saing tinggi,” kata Nur.

Sumber: http://otomotif.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Pemerintah Mau Siapkan SNI Skuter Listrik Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...