Museum Zoologicum Bogoriense Rayakan Ulang Tahun Ke-122

Posted on
loading...

Bogor (Akulagi.com) – Museum Zoologicum Bogorianse (MZB) LIPI merayakan ulang tahun ke 122 tahun tepat di bulan November ini, berbagai kegiatan digelar buat memeriahkan acara, kunjungan ke museum hingga demo pengawetan satwa yg mulai dijadikan spesimen.

“Tahun ini sedikit istimewa, HUT MZB dipusatkan di Museum Zoologi, tak lagi di Cibinong Science Center, Puslit Biologi LIPI,” kata Ketua Panitia, Hadi Dahruddin, di Bogor, Selasa.

Museum Zoologi berada di dalam komplek Kebun Raya Bogor, sebelumnya akses masuk ke museum berada di Jl Juanda. Sejak diberlakukan sesuatu tiket masuk, kini akses masuk museum melalui Kebun Raya.

Ia menyebutkan, selama perayaan ulang tahun, Museum Zoologi menampilkan berbagai kegiatan yg mampu menarik minat pengunjung di antaranya, pameran foto, bazar aneka produk konservasi, vokalisasi spesimen koleksi, demotaksidemi dan enzibetok yakni sarasehan hasil-hasil penelitian dalam bentuk diskusi dan konsultasi.

“Pengunjung bisa melihat kegiatan pengawetan satwa sebagai spesimen, digelar selama beberapa minggu, setiap akhir pekan, 13, 20, dan 27 November,” katanya.

MZB mengundang sejumlah pihak buat bisa mengunjungi Museum Zoologi yg berada di kompek Kebun Raya Bogor. Sebagai bahan keterangan dan sosialisasi, LIPI memasang tujuh spanduk yg mengajak masyarakat buat berkesempatan melihat fosil tulang ikan paus berusia 100 tahun tersimpan di museum tersebut.

MZB ketika ini menyimpan sebanyak 3.030.657 spesimen yg terdiri dari 15.804 serangga dan anthropoda, 3.007 moluska, 1.300 ikan, 1.200 burung, 498 reptil, 460 mamalia, 334 amfibi, 134 cacing, dan 70 krustasea.

“Kami mengajak masyarakat umum, pelajar dari TK, sampai SMA buat memakai kesempatan ini mengunjungi museum,” katanya.

Ia menyebutkan, museum terbuka bagi umum, karena berada di dalam area Kebun Raya Bogor, pengunjung diharusnya membayar retribusi senilai Rp14 ribu, telah termasuk di dalamnya kunjungan ke museum.

Hadi mengatakan, pihaknya selalu berupaya membenahi diri, memperbaiki tampilan museum agar lebih menarik lagi dengan tidak mengurangi pencahayaan, membuat vokalisasi suara-suara satwa koleksi yg ada di museum.

“Ada usulan juga bagi koleksi ikan, kalian ingin menyediakan visualisasi suara pantai, sehingga begitu pengunjung masuk, seperti berada di lautan,” katanya.

Direktur MZB Pusat Penelitian Biologi LIPI Hari Sutrisno mengatakan, memasuki usia 122 tahun MZB telah seyogyanya keterangan dan dokumentasi fauna yg ada di dalam museum tersebut mampu diketahui secara luas oleh masyarakat, termasuk anak-anak dan pelajar.

“Tujuannya agar masyarakat Indonesia memahami peran museum sebagai tempat konservasi sekaligus memberikan pemahaman ke mereka agar mengerti dan bisa hidup berdampingan dengan fauna tanpa merusak keseimbangan ekosistem alam,” katanya.

Hari menambahkan, fungsi MZB mulai diperluas, tak cuma sekedar tempat menampilkan keanekaragaman fauna di Indonesia saja, tetapi juga difungsikan menjadi salah sesuatu media buat memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang zoologi.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Museum Zoologicum Bogoriense rayakan ulang tahun ke-122 Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...