Franz Magnis: Jaga Keutuhan NKRI Juga Wujud Kepahlawanan

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Budayawan Franz Magnis Suseno menyampaikan kepahlawanan di era sekarang dapat diwujudkan dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semua keragamannya.

Menurut tokoh yg memiliki sapaan akrab Romo Magnis itu, ancaman untuk keutuhan NKRI terus ada. Saat ini Indonesia sedang menghadapi gangguan dari kelompok radikal dan terorisme yg dilatarbelakangi ideologi dan agama, katanya di Jakarta, Rabu.

“Seluruh bangsa Indonesia harus mampu mengambil teladan dari para pahlawan bagi menjaga kemerdekaan RI yg sudah diperjuangkan dulu. Apalagi dengan adanya ancaman radikalisme dan terorisme yg nyata-nyata ingin memecah belah NKRI,” lanjutnya.

Menurut dia, banyak teladan yg dapat diambil bangsa Indonesia, khususnya oleh generasi muda, dalam melindungi NKRI dari berbagai jenis gangguan, salah satunya adalah keteladanan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Gus Dur, kata dia, adalah salah sesuatu figur yg patut dicontoh dalam menghargai persatuan dan keberagaman di Indonesia.

“Sebagai seorang nasionalis, Gus Dur sangat mantap sebagai seorang Muslim, tetapi dia juga memiliki toleransi yg luar biasa dalam melihat berbagai masalah kebangsaan yg ada,” katanya.

Menurut dia generasi muda harus diberikan pemahaman ideologi Pancasila dan agama secara baik. Sikap kepahlawanan di kalangan generasi muda juga harus ditumbuhkan agar semangat buat menjadi teladan dan berbuat positif untuk bangsa Indonesia selalu bergelora.

“Kalau itu terjadi, aku optimis paham radikalisme dan terorisme tak mulai dapat masuk dan merusak sendi-sendi kehidupan di Indonesia,” kata Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarya itu.

Ia menyayangkan ketika ini salah sesuatu kekuatan bangsa Indonesia, merupakan gotong royong, akan luntur di dalam masyarakat. Padahal Bung Karno bersama para pahlawan Kemerdekaan RI lainnya menghubungkan Pancasila dan gotong royong ketika membangun fondasi NKRI.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Franz Magnis: jaga keutuhan NKRI juga wujud kepahlawanan Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...