Dinkes Bagikan 1.000 Perangkap Nyamuk Cegah DBD

Posted on
loading...

Tangerang (Akulagi.com) – Aparat Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, membagikan sebanyak 1.000 unit perangkap nyamuk kepada warga di Kecamatan Panongan buat mencegah peredaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Pembagian perangkap nyamuk tersebut karena Kecamatan Panongan yaitu sesuatu dari enam kecamatan rawan DBD,” kata Kepala Dinkes Pemkab Tangerang Naniek Isnaeni di Tangerang, Rabu.

Naniek menyampaikan pemberian perangkap nyamuk tersebut adalah salah sesuatu upaya buat mengantisipasi peredaran DBD di daerah ini.

Perangkap nyamuk tersebut berupa botol kosong yg telah diberi air kemudian pada bagian atas dipasang kawat yg telah dirancang khusus, setelah nyamuk berkembang biak akhir terperangkap dan tak mampu keluar dari botol itu.

Masalah tersebut terkait aparat Dinkes Pemkab Tangerang, sudah melakukan pemetaan terdapat enam kecamatan yg rawan penyebaran penyakit DBD.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Pemkab Tangerang, Manik Kusmayoni menyampaikan warga perlu terus waspada karena nyamuk pada musim hujan cepat berkembang biak.

Manik pengatakan daerah rawan DBD tersebut di Kecamatan Panongan, Balaraja, Curug, Cikupa, Pasar Kemis dan Kecamatan Legok.

Data dari Dinkes Pemkab Tangerang bahwa selama tahun 2016 terdapat sebanyak 270 masalah DBD dan 13 jiwa meninggal dunia.

Dia menambahkan pada lokasi rawan penyebaran DBD tersebut banyak terdapat rumah kosong yg tak memiliki penghuni.

Kebanyakan rumah kosong tersebut berada di kawasan perumahan, karena pemilik mayoritas cuma mendatangi tiap akhir minggu atau beberapa kali sebulan.

Hal itu karena rumah cuma dijadikan sebagai investasi dan tak disewakan kepada pihak lain, maka tidak jarang dibiarkan tanpa penghuni dalam waktu yg lama.

Upaya pemberantasan DBD lainnya adalah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pemberian bubuk abate dan mengaktifkan kembali pemantau jentik nyamuk (jumantik).

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Dinkes bagikan 1.000 perangkap nyamuk cegah DBD Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

lapras indonesia,
Loading...
loading...