Antibodi Manusia Bisa Lindungi Janin Tikus Dari Zika

Posted on
loading...

Paris (Akulagi.com) – Antibodi yg dihasilkan oleh tubuh manusia dapat melindungi tikus yg belum lahir dari virus Zika menurut hasil penelitian yg dipublikasikan Senin (7/11), membangkitkan harapan buat menghalau dampak virus yg diketahui berkaitan dengan kerusakan otak pada janin manusia itu.

Antibodi itu menetralkan segala strain virus Zika yg diketahui dalam penelitian di laboratorium, dan “nyata mengurangi” level virus pada tikus hamil yg terinfeksi dan janin mereka.

“Ini antivirus pertama yg terbukti mampu bekerja ketika kehamilan bagi melindungi perkembangan janin dari virus Zika,” kata salah sesuatu penulis hasil studi, Michael Diamond dari Washington University School of Medicine.

“Ini bukti penting bahwa virus Zika selama kehamilan mampu diatasi dan kita telah memiliki antibodi manusia yg mampu mengatasinya, setidaknya pada tikus.”

Zika utamanya menular melalui gigitan nyamuk terinfeksi, tapi dalam masalah langka bisa mampu lewat hubungan seksual.

Pada kebanyakan orang, infeksi virus tersebut cuma menimbulkan gejala ringan atau tak sama sekali.

Namun dalam wabah yg dimulai pada 2015, virus tersebut dikaitkan dengan penyakit mikrosefali pada janin, keadaan yg membatasi pertumbuhan kepala dan otak.

Lebih dari 2.300 bayi, utamanya di Brasil, lahir dengan mikrosefali atau kecacatan sistem syaraf pusat terkait Zika sejak tahun dulu menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Sampai sekarang belum ada obat atau vaksin bagi infeksi virus tersebut.

Diamond dan timnya mengambil sampel antibodi dari orang-orang yg telah pulih dari infeksi Zika.

Satu antibodi yg dapat menjadi benteng menghadapi Zika disebut ZIKV-117 dan diambil dari sesuatu orang menurut laporan tim peneliti di jurnal Nature.

Antibodi adalah prajurit dalam sistem pertahanan tubuh. Mereka adalah protein berbentuk Y yg diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap keberadaan antigen, patogen yg menyebabkan penyakit.

Setiap macam antibodi berikatan dengan antigen spesifik, kemudian menonaktifkannya segera atau menandainya bagi dihancurkan oleh sel-sel kekebalan tubuh yg lain.

Butuh kesabaran

Para peneliti memberikan ZIKV-117 pada tikus hamil yg telah disuntik dengan Zika, dan menemukan plasenta mereka tetap normal dan sehat dibandingkan dengan tikus-tikus yg tak mendapat antibodi.

“Hampir segala janin terlindung dari infeksi dan penyakit,” kata Diamond kepada kantor berita AFP.

Dalam tes lanjutan, antibodi juga melindungi tikus jantan dewasa dari dosis virus Zika mematikan.

Manusia diketahui mampu secara alami menghasilkan antibodi persis seperti itu dalam merespons infeksi menurut Diamond. Bahkan seandainya mereka bisa, itu tak mulai cukup cepat bagi melindungi bayi yg belum lahir, karenanya perlu ada pendorong.

Temuan-temuan itu mampu menolong memberikan perlindungan sementara terhadap Zika sementara para peneliti merancang sesuatu vaksin buat melawan virus tersebut.

Namun pertama pengujian harus dikerjakan pada monyet, yg kehamilannya milik banyak kesamaan dengan manusia.

“Akan butuh dua waktu…sampai kalian merasa cukup percaya bagi coba pengobatan ini pada manusia,” kata Derek Gatherer dari Lancaster University mengomentari hasil studi tersebut.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Antibodi manusia bisa lindungi janin tikus dari Zika Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara membuat virusT dari barang bekas,cara membuat miniatur bentuk virus,http://akulagi com/Berita-cara membuat perangkap tikus dari kawat ram,cara membuat virus T dari plastisin,cara bikin perangkap tikus dari ram kawat,virus segi banyak,cara membuat replika virus dari kertas,resep cara membuat lem tikus,jalan tikus bokep,cara membuat bentuk virus,
Loading...
loading...