WHO: Total Korban Tewas Di Yaman Capai 7.000 Jiwa

Posted on
loading...

Sanaa – Yaman diamuk perang dalam 20 bulan terakhir. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), total korban tewas mencapai 7.000 orang dan 37.000 orang mengalami luka-luka.

Diberitakan AFP, Senin (7/11/2016), WHO menyebut peristiwa ini sebagai tragedi kemanusiaan. “Lebih dari 7.070 orang tewas dan lebih 36.818 orang luka-luka,” ujar pernyataan resmi dari WHO.

Berdasarkan laporan WHO, sekitar 21 juta orang membutuhkan bantuan kesehatan. Pihak WHO yg diwakili oleh Ould Cheikh Armed menyebutkan bahwa kelompok pemberontak sudah menduduki kawasan bandara di Yaman.

“Orang-orang sekarat dan infrastruktur jatuh, serta ekonomi lumpuh,” ucapnya.

Yaman ketika ini terbelah dalam beberapa kelompok. Pertempuran kelompok pemberontak yg didukung oleh Iran dan pasukan pemerintah yg didukung oleh koalisi Arab Saudi. Pertemuan ini akan pecah pada Maret 2015 lalu. Sementara itu, utusan PBB mendesak pihak koalisi mengendalikan wilayah udara Yaman agar memungkinkan dikerjakan penerbangan komersial ke dan dari bandara Sanaa buat melakukan evakuasi buat yg terluka.

Kelompok Koalisi menuding kelompok pemberontak memakai bandara buat mengangkut senjata. Organisasi-organisasi internasional juga memperingatkan soal bahaya penyebaran penyakit dan kekurangan gizi di Yaman.

WHO juga menyebutkan sekitar 2.1 juta orang kehilangan tempat tinggal akibat konflik berkepanjangan ini. Tidak cuma itu, lebih dari separuh fasilitas kesehatan di Yaman sudah ditutup atau berfungsi sebagian.

Ould Cheikh Ahmed memperingatkan situasi kesehatan yg “sangat berbahaya” dengan perkiraan adanya dugaan munculnya 2.241 perkara kolera . PBB sudah mengkonfirmasi 71 masalah penyakit yg ditularkan melalui air minum yg terkontaminasi dan menyebabkan diare akut.
(tfq/bar)

Sumber: http://news.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang WHO: Total Korban Tewas di Yaman Capai 7.000 Jiwa Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...