Psikolog Muslim Sedunia Sepakati “Deklarasi Kemuliaan Manusia”

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Para psikolog muslim sedunia dan praktisi ketahanan keluarga baru-baru ini berkumpul di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada acara “Konferensi Internasional Kelima Asosiasi Psikolog Muslim Internasional” atau “5th International Conference of The International Association of Muslim Psychologist”.

Ketua Presidium Gerakan Indonesia Beradab (GIB) yg juga Presiden International Association of Muslim Psychologist (IAMP) Dr Bagus Riyono kepada pers di Jakarta, Selasa mengemukakan, para peserta konferensi pada 6 November 2016 menyepakati “Yogyakarta Declaration on Human Dignity 2016”.

Konferensi itu sendiri diselenggarakan oleh IAMP serta didukung oleh International Institute of Islamic Thought (IIIT), International Islamic University of Malaysia, Asosiasi Psikologi Islam-Himpunan Psikologi Indonesia (API-HIMPSI), Fakultas Psikologi UGM, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII, Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, dan Prodi Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya UIN Yogyakarta.

Para peserta konferensi tersebut adalah para psikolog dan praktisi ketahanan keluarga yg berasal dari Sudan, Jerman, Swedia, Australia, Malaysia, Arab Saudi, Pakistan, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.

Menurut Dr Bagus, Deklarasi Yogyakarta terdiri atas 22 prinsip (pasal) yg berisikan seruan kepada semua negara dan warga dunia bagi menegakkan dan mengembalikan kemuliaan manusia dan ketahanan keluarga dengan melawan program dehumanisasi menuju peradaban mulia.

“Kemuliaan manusia yaitu pemberian Tuhan yg menjadi hak asasi individu maupun kelompok yg mesti dijamin dan dilindungi serta tak boleh diganggu-gugat, apalagi dirampas oleh pihak mana pun,” kata psikolog tersebut.

Ia menjelaskan, kemuliaan manusia harus dijaga dari berbagai hal yg bisa mengakibatkan jatuhnya manusia kepada derajat kehinaan (dehumanization), baik yg dilakukannya sendiri atau karena perbuatan pihak lain.

Perilaku yg menjatuhkan derajat kemanusiaan itu antara yang lain berupa perilaku seks bebas, adiksi narkoba dan obat-obat terlarang, adiksi pornografi, orientasi seks di luar fitrah, kekerasan seksual, KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), dan pedophilia.

Di sisi lain, kewajiban dalam menjaga kemuliaan manusia itu sendiri menjadi tanggung jawab pribadi, keluarga, komunitas, masyarakat, negara, dan bahkan semua warga dunia.

Kewajiban dan hak

Dr Bagus juga mengemukakan, manusia sebagai makhluk yg mulia memiliki sejumlah kewajiban dan hak yg berlaku sama untuk segala manusia (termasuk janin, bayi, balita, anak hingga remaja dan dewasa), sebagaimana digariskan oleh Sang Pencipta.

Hak dimaksud mencakup hak buat beragama, hak buat menikah dan terlindungi dalam lembaga keluarga, hak buat diperlakukan setara tanpa diskriminasi, hak buat dilindungi dari kekerasan dalam bentuk apa pun serta hak bagi mendapatkan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial.

“Tak sekedar hak, pada setiap hak manusia melekat juga kewajiban, bahkan tanggung jawab buat peduli dan menghargai hak orang lain, serta kewajiban kepada negara dan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Ketua Presidium GIB itu.

Ia menambahkan, setiap anak harus mendapat perhatian, pendidikan, dan pemeliharaan khusus dan serius sejak jabang bayi. Lebih dari itu, orang tua, masyarakat, pelaku usaha hingga negara harus menjamin bahwa setiap anak benar-benar mendapatkan hak-hak terbaik sesuai fitrah kemanusiaannya.

Di sisi lain, orang tua dan keluarga harus berperan sebagai agen-agen sosialiasi dan pusat penyemaian nilai-nilai adab dan kebaikan buat anggota-anggotanya, karena anak yg terdidik dengan baik dan ketahanan keluarga adalah jaminan bagi peradaban yg bernilai mulia.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Psikolog muslim sedunia sepakati “Deklarasi Kemuliaan Manusia” Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara melipat wajah manusia dari origami,cara menghilangkan gigitan manusia,engtok,garskin manusia,Jin paling suka ngintip,memperkosa pakai obat antimo,vidio pintarnya fahri,wali allah di poris,
Loading...
loading...