Klub Diminta Tertibkan Yel-yel Suporter

Posted on
loading...

Bandung (Akulagi.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta klub dan kelompok pendukungnya bagi menertibkan materi yel-yel yg biasa dipekikan ketika pertandingan agar tak memicu permusuhan antarsuporter.

“Klub dan komunitas suporter agar lebih proaktif menertibkan materi yel-yel mereka agar tak memicu permusuhan dan perselisihan antarsuporter. Jadikan sepak bola sebagai pemersatu dan bukan pemecah belah,” kata Iman Nahrawi di sela-sela kegiatan peluncuran Kota Layak Pemuda di Gedung Merdeka Kota Bandung, Selasa.

Menurut dia, dalam dua pertandingan sepak bola liga di Indonesia yg ditayangkan di televisi masih kerap didengar yel-yel atau teriakan yg memicu permusuhan dan merendahkan pihak lainnya. Menurut Menpora hal itu harus dibenahi dan tak dijadikan fenomena biasa.

“Model seperti itu harus disudahi, ganti dengan yel yg positif dan mendukung persatuan,” katanya.

Ia menyatakan prihatih dengan masih jatuhnya korban dari suporter akibat adanya perselisihan dan keributan antarsuporter. Terakhir terjadi di Cirebon yg mengakibatkan seorang korban suporter meninggal dunia.

“Itu sangat disayangkan, pada ketika kalian akan bangkit namun masih ada hal seperti itu. Perselisihan suporter harus disudahi,” katanya.

Menrut Menpora, pihaknya mulai selalu melakukan upaya agar potensi suporter itu mampu membanguk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Tidak segala suporter bersilisih, cuma sesuatu beberapa kelompok saja. Selain melakukan meeting antar-pimpinan supoorter juga diharapkan klub dan pemerintah daerah mendorong dialog terkait penyelesaian suporter ini,” kata Menpora.

Pihaknya berencana menggelar kongres suporter, namun masalahnya tak cuma di tingkat pimpinan suporter namun melibatkan suporter di bawahnya yg kerap memicu gesekan.

“Ini persoalan kultur dan itu butuh waktu, namun yg jelas kita mulai selalu memfasilitasi persoalan terkait suporter ini,” kata Menpora.

Perlunya dialog dalam penyelesaian persoalan suporter itu juga senada dengan Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar dan Wali Kota Badung Ridwan Kamil yg mengaku berkepentingan dengan persoalan suporter sepakbola itu.

“Saya kira dialog yg selalu digelar mulai menjadi solusinya. Komunikasi harus selalu dijalin dengan berbagai kegiatan. Saya kira butuh waktu bagi mendamaikannya, tetapi dialog dan komunikasi yg baik mulai menjadi solusinya,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Bahkan ia mengaku kerap memposting pesan di acount media sosialnya buat mengajak menonton pertandingan dengan tertib dan tak menyuarakan yel-yel yg mampu memicu perselisihan.

“Saya terus memposting pesan di media sosial bila ada pertandingan Persib melawan tim yg diprediksi memicu kerawanan gesekan. Hasilnya cukup positif dan mereka makin kurang yg mencaci maki yg lainnya,” kata Emil menambahkan.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Klub diminta tertibkan yel-yel suporter Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

yel yel pramuka lagu ppap,yel yel coreldraw,yel yel mengejek,yel yel religi,fb mesum d lahat,caption buat suporter,cara membuat yel-yel dengan cara ular,cara membuat yel yel tema koperasi,yelyel formasi,peristiwa 4 nofember penistaan aga islam ahok basik,
Loading...
loading...