6 Finalis Miss Senegal 2016 Promosikan Batik Indonesia

Posted on
loading...

Dakar – Bertempat di hotel King Fahd Palace, Dakar, 6 finalis Miss Senegal 2016 kompak memperagakan batik Indonesia. Ini bagi pertama kali batik menyapa kalangan atas di negara itu.

“Kita kenalkan batik ke sasaran high-end yakni kalangan diplomatik, pejabat pemerintah, organisasi internasional, operator pariwisata, pebisnis, dan kalangan media, dengan Menteri Kebudayaan dan Komunikasi Senegal Mbagnick Ndiaye sebagai tamu kehormatan,” ujar Dubes RI bagi Senegal Mansyur Pangeran kepada detikcom, Senin (7/11/2016).

Sebagai Ambassadrices de la Beaute Senegalaise (Duta Kecantikan Senegal, red), keenam finalis Miss Senegal 2016 itu masing-masing menampilkan busana batik Indonesia rancangan Batik Susilowati George Gerban, pasangan diaspora berbasis di Dubai

Batik Indonesia ini kembali diperagakan oleh finalis Miss Senegal 2016 pada Grande Finale de Miss Senegal 2016, juga di King Fahd Palace, yg baru saja berakhir Sabtu malam waktu setempat atau Minggu pagi WIB. Terpilih sebagai Miss Senegal 2016 adalah Ndeye Astou Sall (20 tahun).

Menurut Dubes, pemakaian busana batik pada final pemilihan Miss Senegal 2016 yaitu permintaan khusus dari Presiden Komite Miss Senegal Amina Badiane kepada pihaknya. Bahkan sebelumnya Badiane memamerkan hasrat mengundang Ibu Mooryati Soedibyo buat hadir sebagai tamu kehormatan.

Pada kesempatan tersebut Dubes menjelaskan batik sebagai identitas nasional Indonesia sudah diakui oleh UNESCO dan mengajak putra-putri Senegal bagi memanfaatkan beasiswa tahunan buat seni budaya dari pemerintah Indonesia, yakni beasiswa Darmasiswa dan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Dubes juga mengapresiasi kerja sama bilateral Indonesia-Senegal di bidang militer. Sejauh ini Senegal sudah membeli 2 pesawat CN-235 buatan PTDI Bandung. Pesanan CN-235 berikutnya mulai selesai dalam waktu dekat.

“Di bidang ekonomi, kerja sama perdagangan masih perlu selalu ditingkatkan, karena total volume perdagangan kedua negara belum mencerminkan potensi yg sebenarnya,” demikian Dubes.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan dan Komunikasi Senegal Mbagnick Ndiaye dalam pidato balasannya menyampaikan bahwa sejarah hubungan Indonesia-Senegal tak mampu dilepaskan dari Konferensi Asia Afrika 1955, yg yaitu momentum untuk negara-negara Asia Afrika bagi merdeka.

Di samping itu, keterlibatan aktif kedua negara dalam berbagai fora multilateral seperti PBB, WTO, MNS dan G77 memungkinkan bagi saling bertukar pengalaman terbaik dalam bidang diplomasi, ekonomi, perdagangan, investasi dan kerja sama teknis.

“Hubungan kedua negara juga diperkuat dengan adanya pelatihan yg diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada aparatur Senegal dalam bidang pertanian, kesehatan publik dan teknik diseminasi informasi,” pungkas Menteri Ndiaye.

Selain Batik Fashion Show juga diperkenalkan kuliner Indonesia, eksposisi berbagai benda budaya dari patung sampai beragam produk batik dan aksesoris dengan hiburan Tari Merak dan Tari Lancang Kuning yg dipersembahkan oleh masyarakat Indonesia di Dakar.
(es/tfq)

Sumber: http://news.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang 6 Finalis Miss Senegal 2016 Promosikan Batik Indonesia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

Chrissy Teigen Pamer Miss V no sensor,chrissy teigen pamer miss v,foto Chrissy Teigen pamer miss v,miss v chrissy teigen tanpa sensor,chrissy teigen miss v,chrissy teigen pameran ama 2016,Chrissy Teigen pamer v no sensor,foto chrissy teigen pamer miss v tanpa sensor,foto chrissy teigen kelihatan miss v nya,chrissy teigen insiden,
Loading...
loading...