Pencetakan E-KTP Kota Kupang Terkendala Peralatan

Posted on
loading...

Kupang (Akulagi.com) – Proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, terkendala peralatan pendukung yg harus dimiliki dinas kependudukan dan pencatatan sipil daerah itu.

“Proses pencetakan tak mampu dikerjakan karena sistem penyimpan data yg ada di server dinas kependudukan telah tak lagi dapat mengakses data yg diinput dari kementerian. Karena itulah kalian masih butuh server baru atau menghapus dengan meremajakan data dalam server itu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang David Marts Mangi di Kupang, Kamis.

Dia mengatakan, proses pencetakan dikerjakan dengan alur segala data yg terekam tersimpan dalam server tersebut. Kemudian server itu mulai juga menerima input data dari kementerian hasil verifikasi sebelum proses pencetakan.

Di tahapan proses input data kependudukan dari kementerian itulah, sistem yg ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang menolaknya atau tak mampu berproses karena penuh data. “Jadi, data yg diinput tak dapat terakses. Karena itulah tak mampu dikerjakan pencetakan,” katanya.

Langkah permintaan server baru sebagai tambahan buat mengisi data-data yg ada belum juga diperoleh. “Karena itu kita sedang siasati bagi meremajakan data yg ada di server itu dan karenanya butuh waktu. Kami targetkan ssekitar Desember telah mampu dikerjakan pencetakan,” katanya.

Terhadap warga yg mulai melakukan sejumlah urusan dan butuh KTP elektronik sebagai salah sesuatu dokumen remi kependudukan, David mengatakan mulai diterbitkan surat informasi kependudukan dengan format baku secara nasional.

Format surat informasi kependudukan itu resmi diterbitkan dari Kementerian Dalam negeri di Jakarta buat diberlakukan untuk segala warga di NKRI.

Dalam format informasi itu, surat tersebut mampu dijadikan sebagai pengganti KTP elektronik dengan masa waktu enam bulan bagi sejumlah kepentingan antara lain, pengurusan di bank, imigrasi, pilkada dan semua urusan lainnya yg membutuhkan data diri resmi.

“Jadi buat warga yg belum memiliki KTP elektronik namun telah melakukan perekaman data diri mampu mendapatkan surat informasi tersebut secara gratis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang,” katanya.

Terkait jumlah warga yg telah melakukan perekaman, David menyebut hingga Agustus 2016, telah mencapai 367.308 orang dari jumlah wajib KTP daerah itu berjumlah 409.675 orang.

Sementara dari jumlah yg belum terekam data dirinya secara elektronik sebanyak 42.367 orang dari keseluruhan jumlah penduduk Kota Kupang sebanyak 536.462 jiwa.

“Dan yg telah terekam namun belum tercetak KTP elektroniknya berjumlah 6.612 KTP. Sedangkan yg telah dicetak sebanyak 198.216 KTP,” katanya.

Dia berharap warga buat selalu melakukan perekaman sehingga data dirinya sebagai warga Kota Kupang mampu masuk dan tercatat dalam data base yg ada dan pada saatnya mampu dicetak KTP elektroniknya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pencetakan e-KTP Kota Kupang terkendala peralatan

Kata Kunci Banyak Di Cari

http://akulagi com/Berita-cara membuat hologram ktp,data unipad,cara membuat ktp palsu sendiri,cara membuat KTP instagram,biography lina teguh,jakarta vs dili,download kumpulan lagu unipad,cara membuat hologram ktp,suntik anak yang namanya Nadhifa,cara menghapus e ktp ganda,
Loading...
loading...