Pasukan Irak Maju Ke Kota Tempat Eksekusi ISIS

Posted on
loading...

Baghdad/Bartella, Irak (Akulagi.com) – Pasukan Irak yg didukung Amerika Serikat pada Rabu (2/11) bergerak mendekati sesuatu kota di selatan Mosul yg menurut kelompok-kelompok bantuan dan pejabat regional yaitu tempat ISIS mengeksekusi puluhan tawanan.

Menurut pernyataan militer, pasukan keamanan maju ke tepi Hammam al-Alil setelah sesuatu unit elit menerobos batas timur Mosul, kota besar yg menjadi kubu pertahanan terakhir kelompok garis keras itu di Irak.

Pertempuran itu bermula 17 Oktober dengan dukungan darat dan udara dari koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Mosul masih dihuni 1,5 juta orang, jauh lebih banyak ketimbang kota-kota yang lain di Irak dan Suriah yg beberapa tahun dahulu direbut ISIS. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutip laporan-laporan pada Selasa bahwa ISIS, yg juga dikenal dengan nama ISIL, berusaha memakai Hammam al-Alil yg diperkirakan berpenduduk 25.000 sebagai perisai manusia dan perlindungan terhadap serangan udara dan artileri.

“Kami milik keprihatinan serius mengenai keselamatan wilayah ini dan puluhan ribu warga sipil yang lain yg dilaporkan dipaksa pindah oleh ISIL dalam beberapa minggu terakhir,” kata juru bicara hak asasi manusia PBB Ravina Shamdasani.

Kota yg berada sekitar 15 kilometer selatan Mosul itu penduduknya sebelum perang 65.000 menurut pejabat lokal.

Organisasi-organisasi bantuan, pejabat lokal dan warga Mosul mengutip laporan bahwa ISIS mengeksekusi puluhan orang di Hammam al-Alil.

Abdul Rahman al-Waggaa, seorang anggota dewan provinsi Nineveh, menyampaikan kepada kantor berita Reuters minggu dulu bahwa kebanyakan korban adalah bekas polisi dan tentara.

Orang-orang itu ditembak mati, kata dia mengutip pengakuan warga desa dan pengungsi dari area itu.

Pasukan keamanan maju ke utara di tepi barat Sungai Tigris, merebut kembali lima desa pada Rabu, yg terdekat cuma lima kilometer dari Hammam al-Alil menurut pernyataan militer.

Di seberang sungai tempat pasukan berada, ada reruntuhan kota kuno Assyria, Nimrud, yg menurut pemerintah Irak telah dibuldoser tahun dahulu sebagai bagian dari kampanye ISIS buat menghancurkan simbol-simbol yg dianggap menyebabkan kemusyrikan menurut warta kantor berita Reuters.
 

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang Pasukan Irak maju ke kota tempat eksekusi ISIS

Kata Kunci Banyak Di Cari

kota palestina sebelum perang,simbol lesby,
Loading...
loading...