PM Ethiopia Rombak Kabinet

Posted on
loading...

Addis Ababa (Akulagi.com) – Perdana Menteri Ethiopia pada Selasa (01/11) melakukan perombakan kabinet buat menciptakan tim dengan etnis lebih beragam setelah gelombang protes yg tak pernah terjadi sebelumnya.

Hailemariam Desalegn menjanjikan perombakan setelah memberlakukan kondisi darurat enam bulan pada Oktober.

Dalam perombakan itu, Hailemariam memberikan jabatan senior kepada beberapa politikus dari kelompok etnis Oromo yg sering memelopori demonstrasi anti-pemerintah mematikan selama setahun terakhir, mengurangi dominasi etnis minoritas Tigrayan.

Menteri luar negeri dan menteri komunikasi yg baru, Workneh Gebeyehu, mantan menteri transportasi, dan Negeri Lencho, seorang profesor jurnalisme, yg berasal dari suku Oromo, menggantikan menteri dari suku Tigrayan yg sebelumnya memegang jabatan tersebut.

Berbicara kepada kantor berita AFP setelah pengangkatannya, Negeri, yg sekarang juga menjabat sebagai juru bicara pemerintah, menyampaikan perubahan diperlukan di tengah maraknya aksi protes dan pemberlakuan status kondisi darurat.

“Banyak tantangan yg dimunculkan publik. Harus ada perubahan,” katanya.

“Kabinet baru ini bersiap merespons dan memberikan layanan lebih baik dengan para profesional dari berbagai bidang.”

Sembilan dari kabinet 30 menteri itu masih menempati jabatan mereka, termasuk loyalis partai Siraj Fegessa yg bertanggung jawab atas pertahanan dan Debretsion Gebremichael yg menjalankan telekomunikasi dan teknologi informasi, demikian pula wakil Hailemariam, Demeke Mekonnen.

Pemerintah baru, yg cuma meliputi tiga perempuan, segera disetujui parlemen yg setiap kursinya dipegang oleh koalisi Hailemariam yg berkuasa, Front Demokrasi Revolusioner Rakyat Etiopia (Ethiopian People’s Revolutionary Democratic Front/EPRDF).

Hailemariam sudah menjanjikan perombakan kabinet berdasarkan keahlian ketimbang “kesetiaan pada partai.”

Para pengunjuk rasa di tengah dan barat daerah Oromo dan utara daerah Amhara mencela dominasi etnis Tigrayan di EPRDF, yg telah memerintah Ethiopia selama 25 tahun.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima Kasih Anda Telah Membaca Berita Di Website Akulagi.com, Berita Yang Anda Baca Tentang PM Ethiopia rombak kabinet

Loading...
loading...